Sukses

Cara Cerdas Spanyol Tangani Anjing yang BAB Sembarangan

Kesal dengan pemilik anjing yang membiarkan hewan peliharaannya buang tinja sembarangan, kota ini punya cara cerdas untuk menegur warganya.

Liputan6.com, Torrelodones - Kewalahan menghadapi warganya yang membandel lantaran membiarkan anjing peliharaan membuang tinja sembarangan, pihak berwenang Kota Torrelodones di Spanyol memutar akal untuk mencari cara menegur. Akhirnya, cara cerdas pun ditemukan untuk menegur mereka.

Dikutip dari The Local pada Senin (6/6/2016), pihak berwenang menyebarkan sejumlah balon 'tinja' raksasa berdiameter 3 m dan tinggi 2 guna mengingatkan para pemilik anjing untuk membersihkan kotoran anjing mereka sendiri. 

Menurut pihak berwenang di kota berpenduduk 22 ribu orang itu, petugas harus membersihkan kira-kira 0,5 ton tinja anjing setiap hari karena para pemilik anjing lalai melakukan tanggungjawab mereka.

Ángel Guirao, Juru bicara dewan kota, menjelaskan, "Torrelodones memiliki kira-kira 5000 anjing dan anggaplah mereka membuang tinja 3 kali sehari. Jadi ada sekitar 15 ribu gundukan tinja dengan berat keseluruhan kira-kira 500 kg setiap hari. Banyak pemilik yang tidak membersihkannya".

"Jadi itulah kira-kira yang digambarkan oleh balon ini, yaitu jumlah tinja yang berserakan di jalan-jalan kota setiap hari. Kami meminta kepada para pemilik anjing, melalui cara yang tidak agresif, untuk menyadari pentingnya bersih-bersih tinja anjing mereka".

Warga di kota kecil di kawasan Sierra Norte yang terletak sekitar 25 km arah barat laut ibukota negara ini dianjurkan untuk melakukan foto selfie bersama 'tinja raksasa' dan mengunggahnya ke media sosial dengan tagar #nomascacas, yang berarti "tak ada lagi tinja".

Warga Torrelodones dianjurkan untuk melakukan foto selfie bersama 'tinja raksasa' dan mengunggahnya ke media sosial dengan tagar #nomascacas, yang berarti

Kota itu juga memasang sejumlah 'patung tinja' berukuran lebih kecil terbuat dari beton yang diwarnai di kawasan yang paling sering terdampak.

Patung-patung itu disertai dengan tulisan yang berbunyi, "Ini adalah penghalang terbesar bagi semangat kemasyarakatan di kota kita. Jika kamu memiliki anjing, bantulah kami."

Pemerintah sejumlah kota di Spanyol kewalahan menghadapi para pemilik anjing yang lalai membersihkan BAB anjing mereka. Sejumlah kota bahkan menjajal penggunaan uji DNA untuk melacak tersangka.

Pada April lalu, walikota Madrid mengumumkan peraturan baru yang ketat untuk menghukum mereka yang lalai membersihkan tinja hewan peliharaan. Pemilik yang melanggar diganjar dengan kerja membersihkan jalan-jalan kota pada akhir pekan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini