Top 3: Fenomena 'Pakar' Gorila Mengenang Harambe

Oleh Alexander LumbantobingCitra Dewi pada 04 Jun 2016, 09:00 WIB
Diperbarui 04 Jun 2016, 09:00 WIB
Ini Alasan Gorilla Langka 'harambe' Ditembak Mati, Bukan Dibius
Perbesar
Harambe, gorila jantan di Kebun Binatang Cincinnati, Ohio, AS ditembak mati 10 menit setelah seorang balita jatuh ke dalam kandangnya.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini terjadi insiden penembakan gorila di Kebun Binatang Cincinnati. Aksi itu dilakukan karena dianggap membahayakan nyawa seorang balita berusia 4 tahun yang jatuh ke dalam kandangnya.

Tiba-tiba saja muncul banyak 'pakar' tentang hewan primata itu. Entah melalui Twitter, Facebook, dan kehidupan nyata. Tapi bukan hanya tentang gorila, para 'pakar' itu juga membahas pola asuh, kebun binatang, perilaku gorila, atau bahkan tiga hal itu sekaligus. Pemberitaan tersebut banyak dibaca di kanal Global Liputan6.com edisi Sabtu (4/6/2016) pagi.

Kedua berita lain yang juga berada di posisi teratas dalam pencarian, adalah 'kota kuno bawah laut' berusia 5 juta tahun dan kisah skandal terlarang para penguasa Romawi dan Yunani Kuno.

Selengkapnya dalam Top 3 Global berikut ini:

1. Insiden 'Harambe' Picu Fenomena Pakar Gorila Dadakan

Seekor gorila ditembak mati karena dianggap mengancam nyawa balita yang terjatuh dalam kandang. Reaksipun bermunculan.

Minggu ini, setelah kematian menyedihkan seekor gorila bernama Harambe, kemungkinan besar kita sudah bertemu dengan orang yang kita kenal berlagak seperti pakar tentang hal itu. Walaupun sebelumnya tak pernah terbukti paham tentang kebun binatang, hewan primata, ataupun pola asuh.

Naskah ilmiah tentang gejala 'overclaiming' ini mencengangkan sekaligus membuat frustrasi. Kenapa? Karena terjadi dengan begitu mudahnya.

Selengkapnya di sini...


2. 'Kota Kuno Bawah Laut' Berusia 5 Juta Tahun Ini Ternyata...

Penemuan yang awalnya dikira sebagai bagian dari 'kota kuno' (UEA)

Beberapa orang penyelam menemukan benda mirip ban dan dasar laut yang tampak beraspal di dekat Pulau Zakynthos, Yunani. Atas temuan tersebut, mereka mengira bahwa daerah itu dulunya merupakan kota kuno.

Namun dugaan mereka salah, karena menurut ilmuwan temuan tersebut terbentuk secara alami.

Penelitian baru yang dipublikasi di jurnal Marine and Petroleum Geology mengungkap, benda yang diduga berasal dari dari kehidupan kuno itu sebenarnya terbentuk karena fenomena geologi yang terjadi sekitar 5 juta tahun lalu.

Selengkapnya di sini...


3. Kisah Skandal Terlarang Para Penguasa Romawi dan Yunani Kuno

Pasangan berciuman. Kabar selentingan para tokoh Romawi Kuno dan Yunani Kuno menjadi pembicaraan di tengah-tengah masyarakat pada masanya. (Sumber Wikimedia))


Pada zaman Yunani Kuno dan Romawi Kuno, masyarakat tidak terlalu asing dengan inforsmasi kehidupan seks penuh skandal oleh para tokoh penting dalam masyarakat.

Misalnya, Raja William III dikabarkan lebih menyenangi pria daripada wanita.

Sementara, Tsarina Katarina Agung dari Rusia disebut-sebut memiliki banyak kekasih dan ia disebut-sebut memberikan hadiah kepada mereka -- setelah perselingkuhan usai -- agar mau membantunya mencari pacar baru.

Selengkapnya di sini...

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya