Sukses

Kemlu Pastikan Tak Ada Klaim Singapura Terhadap Pulau Manis

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) membantah adanya klaim terhadap Pulau Manis oleh Singapura.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) membantah adanya klaim terhadap Pulau Manis oleh Singapura. Daerah tersebut terletak dekat dengan Pulau Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Menurut Juru Bicara Kemlu Arrmanatha Nasir, dalam masalah ini yang terjadi adalah kesalahpahaman. Pemerintah Singapura pun tak pernah menyampaikan klaim itu.

"Itu sudah selasai, mereka nggak pernah klaim Pulau Manis," papar pria yang kerap disapa Tata ini di kantor Kemlu, Rabu (1/6/2016).

Tata menyebut, kenapa masalah itu bisa muncul, disebabkan oleh kesalahan promosi dari pihak swasta yang mengelola pariwisata pulau ini.

"Ini kan kerjasama swasta hak guna untuk kawasan echo tourism terbesar di dunia kalau jadi. Mungkin ada salah promosi, karena di website tergambar sama dengan kawasan Singapura," ujarnya.

"Hal itu sudah diperbaiki dan juga memang tak pernah ada klaim (Singapura)," sambung dia.

Tak cukup itu saja, untuk menegakkan kedaulatan RI di Pulau Manis, bendera Merah Putih juga sudah dipindahkan.

"Saya dapat kabar sudah ada bendera Indonesia berkibar. Bendera sudah dipindahkan dari kantor security ke tempat lebih tinggi supaya lebih keliatan," ucapnya.

"Peristiwa Pulau Manis sudah berakhir manis. Bila banyak turis yang datang maka ini berakhir manis," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini