Sukses

Pemimpin Radikal Palestina Temui Kepala Intelijen Mesir, Ada Apa?

Menurut sejumlah media lokal Mesir, pertemuan kedua orang ini digambarkan sebagai suatu hal penting.

Liputan6.com, Kairo - Pemimpin Gerakan Radikal Palestina, Ramadan Shallah, dilaporkan tengah mengunjungi Mesir. Di Negeri Piramida, Shallah dijadwalkan bertemu Kepala Intelijen Mesir, Mayor Jenderal Khaled Fawzi.

Menurut sejumlah media lokal Mesir, pertemuan kedua orang ini digambarkan sebagai suatu hal penting. Pasalnya, perbatasan Rafah yang kerap ditutup harus dibuka atas kedatangan Shalah ke Mesir. 

Pertemuan Shallah dan Fawzi ini, dijelaskan Otoritas Mesir, ditujukan untuk mendorong rekonsiliasi di Palestina. Perdamaian di internal Palestina juga sudah menjadi dorongan dari Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi.

 

Sebelum melakukan lawatan ke Kairo, Shallah terlebih dulu melakukan lawatan ke Teheran. Di ibu kota Iran tersebut, Shallah bertemu Pemimpin Tertinggi negara itu, Ali Khameini. Demikian dilansir dari Al Araby, Jumat (20/5/2016).

Berbeda dengan Mesir, lawatan ke Iran lebih ditujukan menyusun strategi melawan pendudukan Israel di Tanah Palestina.

Tidak cuma Shallah, bulan lalu, delegasi Faksi Garis Keras Palestina, Hamas juga melakukan lawatan ke Kairo. Tidak diketahui jelas apa agenda lawatan delegasi Hamas ke Mesir.

Namun, dalam pernyataan resminya, Hamas mengaku pertemuan dengan Pejabat Tinggi Mesir berlangsung sukses.

Pernyataan Hamas ini ditolak Mesir. Mereka menyebut pertemuan itu gagal menghasilkan kesepakatan apa pun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini