Sukses

Ini 8 Rumah Ala Dongeng Disney di Dunia Nyata

Terinspirasi oleh sejumlah rumah yang ada pada film-film Disney, para arsitek mewujudkan imajinasi mereka dalam sebuah karya.

Liputan6.com, Washington, DC - Sejak didirikan pada 1967 silam, Disney World telah menginspirasi banyak orang termasuk sejumlah arsitek.

Terinspirasi oleh sejumlah rumah yang ada pada film-film dongeng Disney, para perancang bangunan itu lantas mewujudkan imajinasi mereka dalam sebuah karya nyata.

Berikut ini delapan rumah ala sejumlah film kartun Disney, yang bukan tidak mungkin bisa Anda kunjungi, seperti dilansir oddee, Senin (16/6/2016):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rumah Snow White Hingga Hobbit

1. Snow White Cottages di Los Angeles, California

Snow White Cottages (oddee)

Berlokasi di Los Feliz -- dekat dengan Los Angeles (LA), the 'Snow White Cottages' dibangun oleh Arsitek Ben Sherwood. Rumah ini tampaknya terinspirasi dari rumah Putri Salju dan tujuh kurcaci.

Cottage itu memiliki atap jerami, dibingkai dengan kayu hitam, dan terdapat tempelan sejumlah batu bergaya rustic --  merupakan contoh nyata dari arsitektur dalam 'buku cerita' atau 'dongeng' yang populer di LA pada 1920-1930.

Lokasi cottage ini hanya beberapa blok saja dari studio Walt Disney -- tempat di mana legenda animasi itu bekerja dari tahun 1926 sampai 1940.

Rumah mungil yang cantik itu terbuka untuk disewakan.

2. Graystone Manor di La Canada-Flintridge, California

Graystone Manor di La Canada-Flintridge (oddee)

Graystone Manor dibangun pada tahun 1937, namun pada tahun 1971 desainer taman Disney Robert F. McDonnell dan keluarganya melakukan renovasi. Pada tahun 2012, rumah itu terjual dengan nilai US$1,4 juta atau setara dengan Rp 18 miliar.

McDonnell adalah seorang desainer senior Disney, ia ingin menciptakan sebuah rumah seperti bertema dongeng seperti layaknya yang terdapat dalam buku cerita.

Karyanya itu menghibur mata jutaan pengunjung di taman Disney. Graystone berdiri di atas tanah seluas empat hektar. Rumah ini memiliki empat kamar tidur, tiga kamar mandi, dua garasi mobil, dan sebuah bar bergaya Inggris.

3. Disney Golden Oak di Orlando, Florida

Disney Golden Oak di Orlando (oddee)

Golden Oak merupakan sebuah kompleks di mana terdapat 290 rumah di dalamnya. Para penghuninya beruntung karena dapat menikmati pertunjukkan kembang api populer Magic Kingdom dari tempat yang nyaman di taman belakang rumah mereka.

Rumah-rumah mewah itu bergaya campuran Mediterania-Karibia, namun memiliki sentuhan Disney pada sejumlah bagian seperti adanya lampu gantung ala Cinderella dan ubin bermotif Mickey Mouse.

Semua penghuni Golden Oak akan menikmati sejumlah fasilitas seperti main golf, tiket ke taman Disney dan akses ke Summerhouse -- sebuah club house pribadi yang memiliki ruang makan, bar, area permainan dan kolam renang.

4. Lawrence and Martha Joseph Residence and Apartments di Culver City, California

Lawrence and Martha Joseph residence (oddee)

'The Hobbit House' -- julukan bagi rumah itu, merupakan bagian dari Lawrence and Martha Joseph Residence and Apartments di Culver City, California.

Joseph -- seniman Disney itu diketahui merupakan seorang tukang kayu yang menikah dengan perempuan yang berprofesi sebagai dekorator dongeng.

Perapian dari batu asli dan jendela kaca bermotif menimbulkan kesan yang cukup aneh. Kamar tidur utama di hunian ini memiliki pemandangan langsung ke air mancur yang terletak di halaman depan.

Rumah dengan dua kamar dan satu kamar mandi itu terbuka untuk disewakan. Bila ingin merasakan tinggal di rumah Hobbit, siap-siap saja mengeluarkan uang sebesar US$2.595 atau setara dengan Rp 39 juta.

3 dari 3 halaman

Rumah 'Up' Hingga Walt Disney

5. 'The Up House' di Herriman, Utah

The Up House di Herriman (oddee)

Pada tahun 2011, dua orang yang mengklaim diri mereka sebagai fans fanatik Disney, Clinton dan Lynette Hamblin, menemukan sebuah rumah yang mirip dengan hunian impian mereka.

Rumah berwarna-warni yang terletak di Salt Lake City itu layaknya replika dari rumah yang ada dalam film animasi Up.

6. Storybook Cottage di Los Angeles, California

Storybook Cottage di Los Angeles (oddee)

Rumah yang juga mirip dengan tempat tinggal Snow White ini didesain oleh Ben Sherwood pada tahun 1936. Sampai tahun 1940-an Disney masih menggunakan properti itu, namun kini rumah itu dijual seharga US$749.000 atau setara dengan Rp 9 miliar.

Hampir semua yang ada di rumah itu masih bertahan keasliannya.

7. The Shipley-Lydecker House di Baltimore

The Shipley-Lydecker House di Baltimore (oddee)

The Shipley-Lydecker House dibangun oleh Charles Shipley di Baltimore pada tahun 1803. Rumah ini menjadi inspirasi atas dibangunnya Disney's Haunted House.

Salah seorang imajiner Disney, Ken Anderson tiba-tiba saja muncul dengan gambaran sebuah mansion yang ditumbuhi rumput liar, pohon mati, sekawanan kelelawar, atau jendela yang banyak memiliki goresan. Namun Walt Disney tidak menyukai ide itu ditempatkan di tengah taman bermainnya.

The Shipley-Lydecker House pernah menjadi rumah bagi veteran perang West Baltimore Post 476 -- sebuah memorial hidup bagi mereka yang tewas dalam Perang Dunia II. Namun mansion itu telah dirobohkan.

8. Rumah Pertama Milik Walt Disney di Los Angeles

Rumah Pertama Milik Walt Disney di Los Angeles (oddee)

Rumah pertama Walt Disney di Los Angeles terdiri atas "lima kamar tidur, lima kamar mandi, namun dibangun dengan gaya dongeng," ujar sejarawan Disney, Paula Sigman Lowery.

Keluarga Walt Disney tinggal di rumah ini pada tahun 1932 sampai dengan 1950. Sekarang rumah ini milik pribadi, namun pemiliknya mengatakan ia tetap berusaha menjaga berbagai keaslian benda-benda di dalamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini