Sukses

'Puing' Menghantam, Jendela Stasiun Antariksa Internasional Retak

Kabar mengejutkan terkait keretakan jendela ISS disampaikan dan diposting di media sosial oleh astronot asal Inggris, Tim Peake.

Liputan6.com, Inggris - Astronot asal Inggris, Tim Peake menyampaikan kabar mengejutkan. Dia mengatakan, ada keretakan di bagian jendela stasiun antariksa internasional (ISS).

Keretakan itu disebabkan oleh hantaman sebuah puing dari luar angkasa. Peake bahkan memposting gambar retakan di ISS melalui akun Twitter miliknya.

"Sering ditanya apakah @Space_Station terkena puing-puing antariksa. Ya, retakan ini di jendela kubah," demikian kicauan Tim Peake seperti dikutip dari Voice of America, Sabtu (14/5/2016).

Sejauh ini, diduga puing antariksa yang menimbulkan keretakan di jendela ISS berukuran kecil.

Badan Antariksa Eropa pun lega mendengar informasi tersebut. Sebab, jika benda angkasa luar yang lebih besar menghantam, maka akan menimbulkan ancaman serius bagi keamanan stasiun itu.

"Sebuah benda hingga 1 cm bisa melumpuhkan instrumen atau sistem penerbangan yang penting pada satelit," kata Badan Antariksa Eropa dalam keterangan tertulisnya.

"Benda di atas 1 cm bisa menembus prisai modul awak stasiun itu, dan sesuatu yang lebih besar dari 10 cm bisa menghancurkan sebuah satelit atau pesawat antariksa menjadi berkeping-keping," lanjut pernyataan mereka.

Menurut NASA, jendela stasiun antariksa terdiri dari empat panel kaca, masing-masing setebal 1,2 sampai 3,2 cm. Seandainya sepotong puing menerobos jendela itu, NASA mengatakan jendela aluminium otomatis terpasang untuk melindungi penghuninya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini