Sukses

Ikan 'Berwajah Manusia' Hebohkan China

Seekor ikan mas di China menghebohkan warga dan para netizen karena di tubuhnya membentuk pola yang nampak seperti wajah manusia atau kodok.

Liputan6.com, Wugang - Seekor ikan carp -- sejenis mas dan gurami -- di Wugang, Provinsi Hunan, China memiliki daya tarik luar biasa, yang membuat banyak orang berduyun-duyun datang untuk melihatnya. Apa alasannya?

Menurut beberapa orang, ikan mas tersebut memiliki pola yang membentuk wajah manusia di badannya.

Dikutip dari Daily Mail, Kamis (12/5/2016), hewan itu merupakan milik seorang guru SD di Wugang bernama Qiu Xiaohua.

Ia menangkap ikan berukuran 36 sentimeter tersebut di sebuah reservoir--tempat penampungan air-- pada 30 April lalu.

Qiu mengaku udah 20 tahun hobi memancing, namun itu adalah kali pertamanya ia ia menemukan ikan mas dengan pola tersebut.

Foto hewan itu telah dibagikan di situs media sosial yang populer di China, Weibo. Beberapa tanggapan dari pengguna pun muncul.

Menurut salah seorang pengguna Weibo, pola yang terdapat di badan ikan mas lebih mirip dengan bebek daripada wajah manusia.

"Aku rasa ia mirip bebek," ujar salah seorang pengguna.

"Maaf, tapi aku rasa ia lebih mirip bebek," kata pengguna Weibo lainnya.

Ikan asal Wugang, China, tersebut sempat menghebohkan warga dan netizen (CEN)

Pola yang membentuk wajah manusia bukan pertama kalinya muncul di tubuh ikan.

Pada tahun 2010, seorang tukang daging asal Essex, Inggris, menemukan ikan yang di badannya membentuk pola wajah manusia. Tanda pada hewan itu nampak seperti mata, hidung, dan mulut.

Atas kepemilikannya itu, ikan itu ditawar seharga 40 ribu poundsterling atau sekitar Rp 766,8 juta.

Sebenarnya, penampakan pola wajah manusia atau bebek di tubuh ikan dapat dijelaskan secara ilmiah.

Apa yang dilihat orang-orang tersebut merupakan efek pareidolia -- fenomena psikologis yang cenderung mengenali bentuk akrab dalam gambar acak atau samar.

Contoh lain dari pareidolia misalnya ketika manusia menatap ke arah Bulan yang bersinar di langit malam, ada yang mengira melihat bayangan nenek atau kelinci.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.