Sukses

6 Alasan Pilpres AS 2016 Jadi Momentum Penting dalam Sejarah

Baik Trump vs Clinton maupun Trump vs Sanders, Pilpres AS kali ini mencatat sejarah setidaknya dalam 6 hal.

Liputan6.com, Washington, DC - Menjelang pemilihan presiden AS pada akhir 2016 nanti, Donald Trump telah mencuat sebagai satu-satunya bakal calon presiden dari Partai Republik yang diduga menuju nominasi.

Sementara, di Partai Demokrat, Hillary Clinton diduga bakal meraih nominasi.

Dikutip dari BBC pada Jumat (6/5/2016), apapun persaingan akhirnya, maka pemilihan presiden (pilpres) AS kali ini mencatat sejarah setidaknya dalam 6 hal:

1. Presiden Berusia senja

Ketika Barack Obama pertama kalinya melangkah ke pintu depan Gedung Putih pada Januari 2009, usianya masih 47 tahun sehingga ia menjadi presiden termuda ke-5 dalam sejarah AS. Theodore Roosevelt adalah yang termuda. Saat mulai menjabat ia masih berusia 42 tahun 322 hari.

Presiden AS, Barack Obama melambaikan tangan saat turun dari pesawat Air Force One setibanya di Bandara Internasional Havana, Kuba, Minggu (20/3). Kunjungan Obama ini yang pertama dilakukan seorang presiden AS sejak 88 tahun lalu. (REUTERS/stringer)

Bernie Sanders akan berusia 75 tahun hari pelantikan, 20 Januari 2017. Hampir 6 tahun lebih tua daripada presiden tertua yang dilantik, yaitu Ronald Reagan.

Donald Trump merayakan ulang tahun ke-70 pada 14 Juni 2016, sehingga iapun bisa menjadi presiden tertua dalam sejarah AS.

 

'First Lady' ke-40 Amerika Serikat, Nancy Reagan wafat pada usia 94 tahun di kediamannya di Los Angeles, Minggu (6/3/2016).

 

Hillary Clinton memasuki usia 69 tahun pada 2 minggu sebelum hari pemilihan, dan bisa menjadi presiden ke-2 tertua dalam pelantikan. Posisinya menggeser William Henry Harrison yang naik menjadi presiden pada 1841.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

New York Vs New York

2. New York Lawan New York

Dalam dua skenario, baik Trump versus Clinton maupun Trump vesus Bernie Sanders, merupakan pertama kalinya persaingan kursi kepresidenan sesama warga New York sejak 1944.

Saat itu Gubernur New York, Thomas E. Dewey, berhadapan dengan petahana Franklin D. Roosevelt.

Kota dengan Properti Termahal di Dunia (Telegraph)

Siapapun yang nanti dilantik menjadi presiden pada Januari 2017, ia menjadi warga New York pertama yang menjabat dalam 71 tahun terakhir.

Hillary Clinton memenangkan primary di New York (Reuters)

Meski Clinton  lahir di Chicago, negara bagian Illinois, tapi ia adalah senator dari negara bagian New York dan tinggal di kota Chappaqua, negara bagian New York.

3 dari 6 halaman

Urusan Duit

3. Urusan Duit

Jika Trump menang, uang yang digelontorkannya adalah yang paling sedikit yang pernah dikeluarkan oleh seorang pemenang pilpres.

Catatan Komisi Pemilu Federal (Federal Election Commission) mengungkapkan bahwa ia menggelontorkan US$49 juta (Rp 655 miliar) hingga akhir Maret lalu. Sebanyak US$36 juta (Rp 481 miliar) adalah uangnya sendiri.

Ilustrasi uang | Via: ist.

 

Tidak ada bakal calon lain sejak Al Gore pada 2000 yang mengeluarkan dana lebih 'kecil' dari itu. Waktu itu, Al Gore menghabiskan dana US$126 juta (Rp 1,68 triliun). Clinton sudah menggelontorkan US$187 juta (Rp 2,5 triliun) hingga kini.

Tentu saja Trump masih harus mengeluarkan banyak uang karena kampanyenya hingga November nanti masih cukup berat, tapi sepertinya jumlah pengeluaran masih di bawah Barack Obama ketika terakhir kalinya berkampanye pada angka US$556 juta (Rp 7,4 triliun).

4 dari 6 halaman

Pengalaman Capres Dipertanyakan

4. Minim Pengalaman

Kemenangan Trump juga menjadi penting karena suatu alasan, yaitu bahwa belum pernah ada presiden AS terpilih dalam 60 tahun belakangan ini yang tidak memiliki pengalaman sebagai gubernur atau pernah duduk di Kongres.

Presiden terakhir tanpa pengalaman poiltik, Dwight Eisenhower, adalah mantan Pemimpin Utama Pasukan Sekutu dalam Perang Dunia II sebelum ia terpilih pada 1953. Sebelum itu, Herbert Hoover (presiden AS dari 1929 hingga 1933) adalah seorang insinyur dan pegiat kemanusiaan.

Calon presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump saat berkampanye di Mar-A-Lago Resort di Palm Beach, Florida (REUTERS/Joe Skipper)

 

Tidak pernah ada bakal calon presiden yang pernah memiliki bisnis kasino dan hotel.

Namun begitu, Trump mengatakan bahwa pengalamannya melakukan perjanjian bisnis dan fakta bahwa dirinya tidak terlalu terikat pada kaum mapan di Washington, malah memberikan keuntungan baginya.

5 dari 6 halaman

Wanita Pertama yang Jadi Presiden AS?

5. Presiden Wanita?

Karena Cinton sudah terlalu lama berada di panggung Washington, kita mungkin mudah melupakan suatu fakta, yaitu bahwa ia akan menjadi presiden wanita pertama jika terpilih.

Hillary Clinton menang di South Carolina (REUTERS/Randall Hill)

 

Yang paling nyaris di masa lalu adalah ketika bakal calon John McCain dari Partai Republik memilih Gubernur Alaska, Sarah Palin, untuk menjadi bakal cawapres pada 2008.

Kemudian, bakal calon Walter Mondale dari Partai Demokrat yang memilih Geraldine Ferraro sebagai bakal cawapres pada 1984.

6 dari 6 halaman

Estafet Partai Demokrat

6. Tongkat Estafet Presiden Demokrat?

Mengejutkan, ternyata hanya baru ada dua presiden AS dari Partai Demokrat yang pernah melanjutkan presiden sebelumnya yang juga dari partai yang sama.

Yang terakhir melakukan itu adalah James Buchanan, presiden AS dari 1857 hingga 1861.

 Presiden Harry Truman dan Lyndon Johnson keduanya adalah wakil presiden yang diangkat menjadi presiden ketika presiden terpilih meninggal. Keduanya menang pada pemilu berikutnya.

Obama dan Hillary sebelumnya pernah bersaing sebagai kandidat presiden di internal Demokrat pada 2008 lalu.

Dengan demikian, kemenangan Clinton menjadi sangat penting bagi Partai Demokrat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.