Menteri Pendidikan Australia Kenalkan Perth Sebagai Kota Pelajar

Oleh Adanti Pradita pada 02 Mei 2016, 19:55 WIB
Diperbarui 02 Mei 2016, 19:55 WIB
 Menteri Pendidikan Australia Kenalkan Perth Sebagai Kota Pelajar
Perbesar
Sang menteri juga mempromosikan 5 universitas terbaik di dunia yang ada di kota Perth.

Liputan6.com, Jakarta- Australia merupakan rumah bagi sejumlah universitas terbaik di dunia. Institusi pendidikan di setiap negara bagian Negeri Kanguru mempunyai kelebihan masing-masing untuk menarik perhatian calon murid.

Menteri Pendidikan Australia, Peter Collier berkunjung ke Jakarta hari ini, Senin (2/5/2016) bersama dengan sejumlah perwakilan rektor dari 5 universitas ternama di kota Perth, Australia bagian Barat.

Salah satu tujuan utama kedatangannya ke Jakarta adalah untuk mempromosikan kembali 5 universitas terbaik di dunia yang berlokasi di Perth: University of Western Australia, University of Notre Dame, Murdoch University, Curtin University, dan Edith Cowan University.

“Lima universitas ini merupakan beberapa di antara yang terbaik dan diakui oleh seluruh dunia. Prospek untuk mendapatkan pekerjaan juga sangat mudah setelah lulus, karena itu Perth adalah kota tepat bagi pelajar,” kata Peter disela pertemuan dengan wartawan di Horizon Club Level 23, Shangri-La Hotel, Jakarta, Senin (2/5/2016).

Ia juga mengatakan bahwa biaya kuliah pun sudah berubah menjadi lebih murah dibandingkan universitas lain di negara bagian lainnya.

“Dulu banyak orang kesulitan mau kuliah di Australia karena biayanya sangat tinggi. Sekarang di Perth kami menawarkan biaya pendidikan lebih rendah dibandingkan daerah lainnya,” ungkapnya.

Wakil Rektor University of Notre Dame, Profesor Celia Hammond menjelaskan bahwa masing-masing dari kelima universitas tersebut mempunyai keunikan tersendiri yang membuatnya disorot sebagai salah satu di antara yang terbaik.

“Lima universitas membawa lima misi yang berbeda dan menonjol di aspek yang berbeda satu sama lain. Contohnya untuk University of Notre Dame, teknik mengajar yang dinilai sangat baik membuat namanya melonjak,” tuturnya.

Wakil Rektor University of Western Australia, Paul Johnson lanjut menjelaskan bahwa banyak faktor pendukung yang membuat setiap universitas disorot, seperti fasilitas, teknik mengajar, kelebihan dari segi pengetahuan untuk fakultas tertentu, dan masih banyak lagi.

“Perth kini menjadi kota universitas atau kota pelajar,” kata Paul.

Menteri Pendidikan Australia bersama dengan perwakilan universitas bergengsi tersebut dikabarkan akan bertemu dengan pihak Kementerian Pendidikan Indonesia besok, Selasa 3 Mei 2016 untuk mendiskusikan kerjasama konkret di bidang ini.