Sukses

4 Hal 'Konyol' Ini Bisa Membuat Penerbangan Ditunda

Peraturan di dalam kabin pesawat terkadang terkesan tidak masuk akal.

Liputan6.com, Jakarta - Keterlambatan penerbangan dari jadwal yang tertera memang sangat mengganggu dan membuat geram. Terlebih lagi, penyebab keterlambatan tersebut dianggap tidak masuk akal atau tidak penting.

Beberapa penumpang kerap dihadapkan dengan situasi di mana awak kabin menahan mereka berlama-lama di dalam kabin pesawat, dengan alasan persiapan teknis.

Alasan tersebut tentunya masih dapat dimaklumi, namun bagaimana dengan alasan penundaan penerbangan karena karpet basah?

Berikut Liputan6.com suguhkan 4 alasan 'konyol' yang dapat menunda penerbangan, dikutip dari News.com, Senin (2/5/2016):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Karpet Basah

Salah Satu Keadaan Kabin Pesawat (Foto: Reuters)

Ternyata basahnya karpet di sekitar pintu keluar di dalam kabin dapat menunda perjalanan Anda. Hal itu ternyata mempunyai penjelasan tersendiri.

Jika pesawat harus melakukan pendaratan darurat di air, awak kabin harus memeriksa rembesan air di bawah dan di sekitar pintu keluar. Hal itu merupakan salah satu cara untuk menentukan posisi pesawat di air.

Apakah posisinya memungkinkan untuk keluar dan tidak membahayakan atau sebaliknya.

3 dari 5 halaman

Hilangnya Kartu Informasi dan Alat Peragaan

Ilustrasi Sabuk Pengaman atau Seat Belt (iStockphoto)

Mungkin sering kali penumpang bertanya-tanya mengapa di setiap kantong tempat duduk pesawat dilengkapi dengan buku panduan keselamatan yang menjelaskan bagaimana cara menggunakan sabuk pengaman, pelampung , dan masker oksigen.

Alasan terbesar mengapa awak kabin menyediakannya adalah karena, setiap penerbangan mempunyai rencana darurat untuk mencegah hal-hal yang tidak diharapkan terjadi sebelum pesawat mendarat.

Dalam keadaan rencana darurat, segala sesuatunya harus dilakukan sesuai dengan ketentuan. Tidak ada waktu untuk membuat antrean panjang pembagian alat-alat keselamatan.

Saat semua orang merasa panik, saat itu lah mereka tidak akan memperhatikan video keselamatan yang disediakan. Oleh sebab itu maskapai menyediakan panduan keselamatan yang bisa dibaca sebelum terjadinya hal mengerikan tersebut.

Namun, masih saja orang yang 'iseng' dan suka membawa alat-alat yang berada di dalam kabin sebagai cenderamata.

4 dari 5 halaman

Lampu Kabin Rusak

Lampu kabin pesawat terbang akan lebih terang dengan penggunaan teknologi LED. (Sumber news.com.au)

Anda bisa saja berpikir mengapa rusaknya lampu kabin di atas Anda dapat menyebabkan penundaan penerbangan.

Ternyata, tidak semua lampu kabin sama, ada beberapa lampu yang mengandung merkuri dan bisa menghasilkan bahan kimia berbahaya.

5 dari 5 halaman

Asbak di Kamar Kecil

Ilustrasi Rokok 2 (Liputan6.com/M.Iqbal)

Memang terlihat tidak masuk akal untuk memiliki asbak di tempat dilarang merokok. Namun, tempat abu rokok itu disediakan bagi orang-orang yang tetap bersikeras untuk merokok di dalam kamar kecil.

Akan sangat berbahaya bila mereka nekat merokok dan membuangnya ke dalam tempat tisu, yang dapat mengakibatkan kebakaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.