Sukses

Top 3: Jayabaya Meramalkan Sejarah Indonesia

Jayabaya merupakan Raja Kediri yang terkenal akan ketepatan ramalannya, mulai dari masa penjajahan, presiden, hingga datangnya Ratu Adil.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia mengenal Nostradamus, yang hidup pada 1503 hingga 1566, sebagai seorang ahli nujum terkenal.

Konon, ia telah memprediksi beberapa peristiwa besar di dunia, seperti Revolusi Prancis, kebangkitan diktator Adolf Hitler, dan serangan 11 September di World Trade Center, Amerika Serikat.

Namun, sekitar 400 tahun sebelum kelahirannya, hidup seorang raja Kediri bernama Jayabaya yang memiliki peran penting dalam sejarah Indonesia, khususnya terkait ramalannya mengenai masa depan Pulau Jawa.

Artikel yang mengisahkan Jayabaya serta sejumlah ramalannya duduk di puncak daftar berita yang paling ramai diburu oleh pembaca Liputan6.com, dari kanal Global edisi Selasa (19/4/2016).

Tak hanya itu, ada pun dua berita lainnya yang tak kalah menarik menyita perhatian pembaca, yakni mengisahkan tentang 3 pahlawan inspiratif dunia dan gaun pengantin yang dibuat, tapi tidak untuk dipakai oleh calon mempelai. Bagaimana bisa?

Top 3 Global selengkapnya:

1. Ramalan Jayabaya, dari Penjajahan, Presiden, hingga Ratu Adil

Jayabaya dikenal sebagai raja yang memiliki ramalan tepat (Ancient Origins).

Seperti yang dikutip dari tulisan Martini Fisher, lulusan jurusan Sejarah Kuno dari Macquarie University, Australia, Jayabaya memerintah kerajaan Kediri pada 1135 hingga 1157. Namanya tertera dalam Babad Tanah Jawa dan Serat Aji Pamasa. Banyak orang hingga kini masih mempelajari ramalan Jayabaya karena dianggap jitu.

Beberapa sumber mengatakan bahwa ia merupakan keturunan dari Dewa Kebijaksanaan, Brahma. Ada pula yang meyakini Jayabaya sebagai reinkarnasi Wisnu, dewa yang bertugas untuk memelihara dan melindungi.

Selengkapnya...

 

2. 3 Pahlawan Inspiratif di Dunia

3 pahlawan dunia ini mampu membuat kita jadi terinspirasi melakukan hal-hal baik untuk bisa menjadi pahlawan penerus bangsa.

Mereka pahlawan yang bisa menjadi sumber inspirasi bagi kita generasi penerus bangsa. Seperti apa ya sosok pahlawan dunia yang bisa menginspirasi kita semua? 

Simak kisah dari  Florence Nightingale, Louise Braille dan Marie Curie.

Selengkapnya...

 

3. Gaun Pengantin yang Tak Mungkin Dikenakan Calon Mempelai

Adalah pematung kue Sylvia Elba, Linka Rnic, dan Yvette Marner yang berhasil menyelesaikan gaun pengantin itu selama lebih dari 300 jam. (Mirror.co.uk)

Tidak selalu dibutuhkan seorang desainer terkenal atau mahal untuk membuat sebuah gaun pengantin yang indah dan cantik. Namun untuk gaun yang satu ini, dibutuhkan seorang wanita berani yang mau mencobanya. Apakah itu Anda?

Sepintas gaun putih ini yang kaya akan detail ini cocok dikenakan oleh para kaum hawa yang siap menyambut hari pernikahannya. Namun ada satu alasan kuat yang akan membuat mereka mengurungkan niatnya. 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.