Kenang Putri Diana, William dan Kate Berfoto di Depan Taj Mahal

Oleh Andreas Gerry Tuwo pada 16 Apr 2016, 20:44 WIB
Diperbarui 16 Apr 2016, 20:44 WIB
Taj Mahal
Perbesar
Pangeran William datang berdua dengan istrinya, sementara Diana tanpa Pangeran Charles saat berpose di depan Taj Mahal (Reuters)

Liputan6.com, New Delhi - Setelah melawat Bhutan, pasangan Kerajaan Inggris Pangeran William dan Kate Middleton kembali ke India. Mereka menuju Agra, di mana situs Taj Mahal berada.

Kunjungan ke Taj Mahal sangat istimewa bagi pasangan ini. Sebab, pada Februari 1992 -- 24 tahun lalu -- ibu dari Pangeran William, mendiang Putri Diana pernah mengunjungi musoleum yang dibangun Shah Jahan untuk istrinya, Mumtaz Mahal. 

Diana difoto sedang duduk di bangku taman, di muka bangunan Situs Warisan Dunia UNESCO itu.

Pasangan William-Kate juga memilih spot yang sama dengan Diana. Mereka duduk di bangku yang sama, yang diduduki Princess of Wales.

Dari Bhutan, Pangeran William dan istrinya mengunjungi Taj Mahal (Reuters)

Bedanya, Pangeran William berfoto bersama sang istri tercinta. Sementara Putri Diana ketika berfoto di Taj Mahal hanya seorang diri. Tak ada Pangeran Charles di sisinya.

Menurut keterangan resmi Kerajaan Inggris, lawatan pasangan ini ke India khususnya Taj Mahal patut diapresiasi.

Sebab, pewaris takhta nomor dua Kerajaan Inggris itu sedang napak tilas, ke tempat-tempat yang pernah dikunjungi sang ibu.

 

Pangeran William dan istrinya berpose berdua di depan Taj Mahal (Reuters)

"Pangeran William merasa sangat beruntung bisa berkunjung ke tempat di mana kenangan mengenai ibunya terus hidup," sebut keterangan resmi Kerajaan Inggris seperti dikutip dari ABC, Sabtu (16/4/2016).

Tak cuma itu, Kerajaan Inggris menulis, dengan berkunjung ke India dan melihat bangunan-bangunan indah ini maka pasangan Kate dan William sudah menciptakan kenangannya sendiri.

Sebelumnya, kunjungan Diana ke Taj Mahal memicu sorotan tajam.

Foto ikonik Putri Diana di depan Taj Mahal (Reuters)

Sejumlah orang mengasihani sang putri. Sebab, meski nyatanya adalah kuburan, Taj Mahal dianggap sebagai simbol cinta.

Pangeran William dan istrinya duduk di bangku Taj Mahal, di tempat yang pernah diduduki Diana (Reuters)

Apalagi, Diana kala itu datang bersama suaminya, Pangeran Charles dalam rangka kunjungan resmi ke India.

Pangeran William dan istrinya mengunjungi Taj Mahal (Reuters)

Foto Diana sendirian di depan Taj Mahal pun memunculkan spekulasi besar soal nasib biduk rumah tangganya dengan Pangeran Charles. Banyak orang menduga, ada yang tak beres dengan mereka.

Benar saja, pasangan itu akhirnya bercerai tahun 1996, mengakhiri pernikahan selama 15 tahun. Setahun kemudian, Diana tewas dalam kecelakaan mobil di Paris.