Sukses

Hidangan Penutup Kue 'Transparan' Hebohkan Dunia Kuliner

Hidangan penutup bernama kue raindrop kini sedang trending. Bagaimana tidak? Kue ini sama sekali tidak mengadung kalori!

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar penutup hidangan yang sedang hits sekarang ini seperti donat, bagel pelangi dan milkshake ekstrem memiliki berbagai macam warna dan mengandung gula yang cukup banyak, menjadikannya tidak baik bagi kesehatan sekaligus menggemukkan.

Tapi makanan yang belum lama ini merebak di media sosial Instagram bernama 'raindrop cake', kue transparan itu bukan sekadar penutup hidangan. Dan percaya atau tidak, kue ini memiliki nol kalori.

Kue dengan nol kalori ini menjadi trending di Instagram. (News.com.au)

Namun, tak ada yang menyangka kue asal Asia ini dibuat di New York, AS oleh koki Darren Wong. Namun sang koki mengatakan mendapat inspirasi dari kue mizu shingen mochi dari Jepang.

"Ini adalah kue yang mudah pecah, ringan dan dibuat dari tetesan air hujan asli (sumber mata air alami) khusus untuk kepuasan Anda," tulis Wong melalui situsnya, seperti dilansir dari News.com.au, Kamis 7 April 2016.

Kue yang berbentuk bulat ini terbuat dari campuran air dari mata air alami dan agar-agar, yang kemudian dituang ke dalam cetakan dan disajikan saat masih dingin.

Kue ciptaannya itu disajikan dengan sirup gula dan tepung kacang kedelai panggang.

Wong, menjajakan hidangan penutup ini di pasar makanan Smorgasburg di kota New York setiap akhir pekan seharga US$ 8 atau sekitar Rp 105 ribu.

Hidangan penutup ini dibuat di New York, AS oleh koki Darren Wong. (pinterest)

Setiap harinya, Wong, bisa membuat antara 50 hingga 100 kue sebelum pasar dibuka, membawanya dengan ekstra hati-hati agar tidak pecah.

Wong menyarankan kue untuk segera dimakan ditempat, jika tidak kue raindrop bisa meleleh.

"Ini seperti hidangan penutup ala Snapchat yang harus disantap sekarang juga," ungkap Wong kepada The New York Daily News.

"Ada sesuatu yang mempesona dari pengalaman itu," ungkapnya.

"Ini berlawanan dari hidangan penutup aneh seperti corong es krim donat dan cronuts. Ini adalah pengalaman menyegarkan, pembaharuan dan kemurnian seperti tetesan air dari sumber air alami," katanya.

Sementara itu, bagi mereka yang mengatakan hidangan penutup ciptaannya terlalu sederhana, Wong mengatakan,"mereka kehilangan tujuan dari kue itu."

Wong menyarankan kue untuk segera dimakan ditempat, jika tidak kue raindrop bisa meleleh. (News.com.au)

"Cara penyajian dan tekstur memiliki dampak yang sangat besar dalam menikmati hidangan penutup Asia," jelasnya.

"Tak banyak makanan yang bisa membangkitkan indera perasa kita pada saat yang bersamaan, sesuatu hal yang menarik perhatianku dari awal pada hidangan penutup ini. Apa itu es serut? Itu hanya es yang diserut yang dibumbui sirup, memberikan sensasi menyegarkan dan cocok dimakan pada hari yang panas.

"Tujuan dari kue transparan juga memiliki arah yang serupa. Rasanya seperti air, dan perasa didapati dari sirup gula dan tepung kacang kedelai panggang," ungkapnya.

Menurut Wong, kue ini dapat membangkitkan indera perasa kita secara bersamaan. (News.com.au)

Komentar melalui Instrgram mengatakan mereka merasa tidak pernah terpuaskan dengan hidangan penutup itu, namun sebagian lainnya mengomentari bentuknya yang aneh dan lucu.

Ketika Wong tampil dalam acara US Today dalam rangka mempromosikan hidangan penutupnya, pembawa acara Natalie Morales mengatakan, "apakah hanya aku apa kue ini terlihat seperti implan payudara?"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini