Sukses

Ribuan 'Makhluk Biru' Menyerbu Pantai Florida

Ubur-ubur menggunakan selaput tembus pandang yang berbentuk seperti layar untuk menyebarkan diri di air.

Liputan6.com, Hallandale Beach - Ribuan makhluk laut berwarna biru ‘menyerbu’ pantai di Florida Selatan pada Kamis lalu. Jumlah yang tidak sedikit itu menyebabkan Hallandale Beach seperti ditutupi selimut kebiruan.

Dikutip dari Huffington Post, Senin (4/4/2016), makhluk biru itu tak lain adalah ubur-ubur seukuran telapak tangan. Mereka termasuk dalam spesies Velella velella atau dikenal dengan julukan "pelaut ungu". Untungnya, ubur-ubur ini secara relatif tidak berbahaya bagi manusia.

“Hal ini terjadi setiap tiga tahun. Kami mengibarkan bendera ungu untuk kehidupan laut yang membahayakan," unggah Pantai Hallandale dalam laman Facebook beserta sejumlah foto serbuan para 'pelaut' itu. 

“Hanya ada sedikit masalah sengatan dalam tiga jam pertama hari ini. Dinas pekerjaan umum menggunakan traktor pantai untuk memungut sejumlah besar ubur-ubur, tapi mereka terus terdampar di pantai, sehingga pembersihan akan berlangsung perlahan," lanjut keterangan tersebut.

Ubur-ubur menggunakan selaput tembus pandang yang berbentuk seperti layar untuk menyebarkan diri di air. (Sumber City of Hallandale Beach)

Penjelasan di jellywatch.org menyebutkan bahwa ubur-ubur biasanya ditemukan mengapung di permukaan lautan lepas. Mereka menggunakan selaput tembus pandang yang berbentuk seperti layar untuk berenang di air.

Selaput layar ini jugalah yang kerap menghanyutkan mereka ke pantai.

Charles Messing, profesor biologi kelautan di Nova Southeastern University mengatakan bahwa itulah kejadian yang berlangsung di pantai Hallandale.

“Mereka menjadi tambahan yang menarik untuk pantai-pantai kita sewaktu angin berembus ke arah yang tepat di waktu yang tepat tahun ini," kata Messing kepada Sun Sentinel. 

Lanjutnya, “Saya menduga mereka akan berhamburan di pantai di tenggara Florida.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini