Sukses

Aksi Nenek 'Super' Angkat Beban 102 Kilogram

Tayangan seorang nenek sedang olahraga angkat beban lebih dari 102 kg merebak di dunia maya.

Liputan6.com, Jakarta - Percayakah Anda jika kekuatan niat bisa melebihi kemampuan fisik? Itulah yang dibuktikan oleh seorang nenek berusia 78 tahun yang dulunya sudah lemah termakan usianya.

Berkat niat kuatnya, ia bahkan mampu melakukan kegiatan yang tak semestinya dilakoni wanita lanjut usia seperti dirinya.

Dikutip dari Today, Kamis (31/3/2016), Shirley Webb yang berasal dari kota East Alton, negara bagian Illinois itu bahkan memecahkan rekor angkat beban untuk orang seusianya.

Video aksinya mengangkat beban seberat lebih dari 102 kg itu mengundang decak kagum, baik dari mereka yang menyaksikan langsung maupun dari dunia maya. Sang nenek bahkan mengangkatnya 3 kali.

Dalam waktu dekat, nenek super itu mengincar mengangkat beban hingga lebih dari 111 kg. Luar biasa!

Nenek berusia 78 tahun ini mampu mengangkat beban hingga lebih dari 102 kg. (Sumber Today.com)

Aksi itu bukan pencapaian yang mudah. Shirley belum pernah melakukan angkat beban hingga ia berusia 76 tahun. Apalagi sebelumnya ia sudah kepayahan bahkan ketika naik tangga.

"Aku sendiri melihat perubahan yang mencolok pada diriku. Aku senang orang terinspirasi denganku," ucap Shirley kepada Today. 

Lanjutnya, "Ada seorang wanita di tempat kebugaran mendatangiku dan mengatakan, ‘Saya melihat videomu dan memutuskan untuk ikut di klub ini'. Hal itu membuat saya senang."

Sang nenek pertama kalinya datang ke Club Fitness di dekat kota Wood River sewaktu diajak cucunya pada April 2014. Ia berada di bawah bimbingan pelatih pribadi John Wright.

Ia lalu menyadari bahwa angkat beban merupakan kekuatannya.

"Pada saat itu, aku bahkan tidak bisa menaiki tangga kecuali sambil memegang jelujurnya. Kalau sedang duduk di lantai, aku tak bisa berdiri tanpa bantuan kursi. Sekarang aku bisa berdiri sendiri dari lantai. Semakin gigih aku berlatih, semakin baik rasanya."

Nenek super pengangkat beban 102 kg bersama keluarga yang mendukungnya. (Sumber Today.com)

Pada Juni 2015, ia bertanding di kejuaraan bertajuk Missouri State Powerlifting and Midwest Open yang digelar di Kota St. Louis, Missouri, dalam kelas di atas 75 tahun. Saat itu ia diwajibkan melakukan bench press dan lompat jongkok dalam pertandingan itu.

Meski awalnya terlihat meragukan, namun Shirley lolos dan sukses melakukan gerakan yang tak pernah dilakukan saat berlatih.

Si nenek juga memenangkan kelas 102 kg dalam kategorinya, diiringi sorak-sorai anggota keluarga.

"Parakeponakanku juga bangga. Mereka ikut bersemangat. Aku merasa gugup saat bertanding, tapi aku menikmatinya, karena keluarga dan para keponakan senangmelihatku melakukannya," jelas wanita yang menikah dengan suaminya, Dick, pada 1957.

Nenek yang telah memiliki dua putra serta dua cucu perempuan ini rencananya akan mengikuti pertandingan berikut pada 4 Juni mendatang. Dengan kelas lebih berat dari sebelumnya, yakni 111 kg.

"Akku merasa bugar. Aku berlatih dua kali seminggu bersama pelatih, kadang-kadang tiga kali. Dan rasanya segar sekali," tukas Nenek Shirley.

Lihat aksi nenek super itu di sini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.