Sukses

Detik-detik Menegangkan Sinkhole 'Menelan' Bus di China

Lubang amblas lazim terjadi di China. Belum lama ini sebuah bus terekam kamera keamanan terjungkal ke dalam lubang amblas di Guiyang, China.

Liputan6.com, Guiyang - Video mencengangkan telah muncul di dunia maya memperlihatkan bus terjun ke dalam sinkhole di Guiyang, provinsi Guizhou belum lama ini.

Insiden  yang terjadi pada hari Kamis, 10 Maret 2016 dini hari hari pukul 00.30, terjadi ketika transportasi umum tersebut hendak mengakhiri perjalanannya menuju tempat parkir. Melaju dalam kecepatan sedang, jalanan tiba-tiba amblas menyebabkan bus terjungkal dengan bagian belakang mengudara.

Seorang pengemudi dan dua penumpang terjebak di dalam bus selama 40 menit, sebelum regu penyelamat berhasil mengeluarkan mereka.

Insiden itu terjadi pukul 00.23 dini hari ketika bus hendak masuk pul. (Shanghaiist)

Di awal rekaman berdurasi 51 menit itu memperlihatkan seorang pria sedang merokok dan sebuah taksi yang baru berhenti.

Kemudian sebuah bus tiba-tiba muncul dari kiri layar dan berbelok. Tapi, tiba-tiba saja kendaraan itu terlihat berhenti kemudian terjun ke dalam lubang amblas. Warga di sekitar lokasi kemudian bergegas menuju lokasi untuk melakukan bantuan sebisa mereka.

Dilansir dari Dailymail, Jumat (11/3/2016), perokok yang menyaksikan keseluruhan kejadian tersebut kemudian menghubungi polisi.

Setibanya di lokasi petugas melakukan penyelamatan terhadap pengemudi dan kedua penumpang. Mereka kemudian dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Departemen transportasi di China kemudian menuju lokasi untuk melakukan pembersihan dan perbaikan, seperti dilaporkan media setempat.

Menurut laporan Shanghaiist, pengemudi mengalami cedera pada bagian kepala dalam insiden tersebut, sementara dua penumpang hanya menderita luka-luka. 

Lubang amblas atau sinkhole dikabarkan lazim terjadi di China. Salah satunya yang mendapatkan perhatian media terjadi pada Agustus tahun lalu.

Empat orang dilarikan ke rumah dan harus mendapatkan perawatan medis ketika terjatuh ke dalam lubang amblas di atas trotoar di mana mereka sedang berdiri.

Menurut laporan, mereka berhasil mengeluarkan diri dari lubang dengan bantuan orang-orang disekitarnya.

Sementara itu pada bulan yang sama, sinkhole juga diberitakan menelan sebuah gedung hunian di Guangdong, menyebabkan satu orang meninggal dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.