Alumni Lulusan Australia Kenang Masa Lalu di Ajang Gala Dinner

Oleh Adanti Pradita pada 06 Mar 2016, 20:51 WIB
Diperbarui 06 Apr 2016, 12:17 WIB
Alumni Lulusan Australia Kenang Masa Lalu di Ajang Gala Dinner

Liputan6.com, Jakarta Edukasi merupakan salah satu sektor utama penting yang dapat membantu mempererat hubungan antar negara. Ini dapat dilihat dari hubungan antara Indonesia dan Australia.

Ribuan mahasiswa asal Indonesia pergi ke Australia untuk menimba ilmu setiap tahunnya. Selain karena letak geografis antara kedua negara dekat satu sama lain, banyak orang Indonesia memilih untuk belajar di Australia karena sistem edukasinya yang dinilai bagus.

Merantau bukanlah hal yang mudah. Di sela mencari ilmu, mahasiswa Indonesia harus belajar beradaptasi dengan lingkungan dan gaya hidup yang berbeda dengan kultur di Tanah Air. Kendati menghadapi tantangan tersebut, banyak dari alumni universitas Australia dari Indonesia yang merasa pengalaman mereka di negeri Kanguru tidak terlupakan.

Kedutaan Australia di Jakarta memberikan kesempatan kepada alumni mahasiswa Indonesia untuk mengenang masa-masa bahagia mereka menimba ilmu di negeri Kanguru melalui acara gala dinner yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh pihak Australian Awards.

Tahun ini, acara diadakan pada hari Sabtu, 5 Maret 2016 di hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta. Acara tersebut didedikasikan untuk menyambut para individu yang sudah mengemban ilmu di Australia.

Acara dengan tema Celebrating Australian Alumni yang dibawakan oleh presenter terkenal, Jamie Aditya dan Tommy Tjokro ini berlangsung pada pukul 18.00 hari Sabtu kemarin. Duta Besar Australia untuk Indonesia, Paul Grigson dan Presiden Direktur Blue Bird Group, Noni Purnomo, juga turut hadir dalam acara gala dinner tersebut.

“Saya senang bisa berada disini dan menceritakan pengalaman saya mengemban ilmu di Newscastle University, Australia 30 tahun lalu. Di sanalah saya pertama kali belajar beradaptasi dan juga bisnis,” ia mengatakan dalam pidatonya, Sabtu 5 Maret 2016.

Sebagai seseorang yang lahir dan dibesarkan di Jakarta, Noni menceritakan bahwa perjuangannya tidak mudah saat ia pertama kali merantau. Namun, seiring berjalannya waktu, ia menemukan sisi dari negara Australia yang ia tidak akan pernah lupakan.

Sebanyak 326 mahasiswa dan mahasiswi Indonesia alumni lulusan Australia memenuhi function room lantai 2 hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta pada hari Sabtu 5 Maret 2016. Para alumni datang atas undangan perhelatan Celebrating Australian Alumni yang diselenggarakan oleh kedutaan Australia di Jakarta.