Sukses

Geger Nelayan Tangkap Ikan Berkaki Mirip Kelelawar

Warga di sana tak cukup yakin jenis ikan aneh apa yang ditangkap si nelayan Thailand.

Liputan6.com, Bangkok - Warga Thailand mendadak geger setelah salah satu nelayannya menangkap ikan berbentuk aneh. Tak seperti pada umumnya, hewan air yang fisiknya mirip jenis pari itu memiliki kaki di bagian bawahnya.

Warga di sana tak cukup yakin jenis ikan aneh apa yang ditangkap si nelayan Thailand.

Video yang merekam binatang air tersebut kemudian menjadi viral secara online. Unggahan gambar itu lantas lantas dibanjiri komentar netizen, mengenai kemungkinan jenis ikan aneh itu.

Salah satu dugaan yang paling kuat adalah jenis faring batfish sungai, spesies yang biasanya ditemukan di laut hangat dan sedang.

Dalam rekaman video yang beredar, seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (27/2/2016), si nelayan terlihat menggantung makhluk itu dengan kail setelah berhasil menangkapnya dari atas jembatan di atas sungai.

Berikut ini cuplikan video tangkapan yang menggegerkan tersebut.

Diduga kuat jenis ikan itu -- seperti dari komentar para netizen -- adalah batfish karena sesuai dengan ciri-ciri binatang air yang memiliki kaki dan ekor panjang.

Batfish dikenal sebagai spesies yang berjalan menggunakan anggota tubuhnya, yakni sirip perut sebagai tangan untuk merayap di dasar laut. Makhluk-makhluk lain yang diketahui merangkak di dalam air adalah frogfish.

Mereka umumnya tidak tumbuh lebih besar dari 14 inci atau sekitar 35 cm, dan ketika merasa terancam akan mengubur diri dalam pasir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.