Sukses

Lengkungan Kaca Terbesar di Dunia untuk Kampus Apple

Lengkungan kaca terbesar di dunia akan menghiasi kampus Apple yang akan dibuka pada akhir 2016 mendatang.

Liputan6.com, Cupertino - Perusahaan Apple sedang membangun kampus barunya di kota Cupertino, California, sejak 2014 lalu. Saat ini, pembangunan sedang memasuki tahap yang paling menantang, yakni pemasangan kaca melengkung terbesar di dunia.

Dikutip dari Daily Mail, Selasa (23/2/2016), lebih dari 3.000 lengkungan kaca akan dipasang pada kedua sisi bangunan berlantai empat yang melingkar sekitar 1,6 kilometer.

Peter Arbour, arsitek yang bekerja pada sejumlah desain toko Apple, mengatakan bahwa lebih dari 6 kilometer lengkungan kaca akan digunakan dalam proyek ini.

Perpaduan bahan bangunan beton, kromium, dan kaca merupakan Campus 2 yang memiliki luas 175 hektar (708200 meter persegi) digagas oleh Steve Jobs pada tahun 2011, dan akan dibuka pada akhir tahun ini. 

Penampakan Apple Campus 2 di kota Cuppertino, California. (Sumber wired.com)

Bangunan yang akan dijadikan tempat parkir kini telah terisi dengan panel surya di sisi barat, mengatapi auditorium yang memiliki kapasitas hingga 1.000 orang.

Proyek ini dilakukan dengan mengeruk tanah sejak Oktober 2014 yang memerlukan waktu sekitar 2 tahun untuk menyelesaikannya.

Pada tahun lalu, CEO Apple, Tim Cook, memberikan penjelasan kepada Charlie Rose melalui acara 60 Minutes. Dengan memperlihatkan pemasangan panel kaca pertama pada gedung tersebut.

“Sekarang ini ada sekitar 3.500 orang yang bekerja di sini. Dan mereka memberikan julukan bangunan ini sebagai Spaceship -- Kapal Angkasa,” ungkap Cook dalam acara itu. 

“Kami akan menempatkan 13.000 orang untuk bekerja di bangunan melingkar ini yang akan menjadi pusat inovasi untuk generasi-generasi mendatang.”

Penampakan Apple Campus 2 di kota Cuppertino, California. (Sumber iphoneinformer.com)

Dalam acara itu, Cook juga mengungkapkan proyek tersebut membutuhkan biaya yang mencapai US $5 miliar -- Rp 67 triliun.

Selain bangunan itu akan ada lebih dari 7.000 pohon dan tanaman yang akan ditempatkan di sekitar kampus. Sebagian di antaranya akan menghasilkan sayur dan buah-buahan yang akan disajikan di kantin. 

Sementara, secara keseluruhan bangunan akan akan mendapat daya dari semua panel surya yang terpasang.

Jony Ive, pimpinan perancang untuk Apple kemudian mengajak Rose ke lokasi proyek saat melalukan pemasangan lengkungan kaca pada bangunan.

“Inil adalah lengkungan kaca terbesar di dunia, dan akan dipasang berkilo-kilometer panjangnya.”

Penampakan Apple Campus 2 di kota Cuppertino, California. (Sumber wired.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini