Ini Hewan Pemilik Kerangka Misterius Serupa Naga

Oleh Alexander Lumbantobing pada 13 Feb 2016, 17:35 WIB
Diperbarui 13 Feb 2016, 17:35 WIB
Terungkapnya Rahasia Hewan Misterius Serupa Naga
Perbesar
Unggahan kerangka hewan misterius ke Twitter. (Sumber @Te_Papa via Twitter)

Liputan6.com, Levin - Sebuah kerangka mahluk laut misterius ditemukan terombang ambing di Pantai Waitarere dekat Kota Levin di Selandia Baru beberapa hari yang lalu.

Dengan tengkorak yang besar dan tulang punggung panjangnya sekitar 2 meter, kerangka itu mirip dengan gambaran naga. Maria Lombard, wanita yang menemukan kerangka tersebut kemudian mengirimnya ke Museum Te Papa di Selandia Baru.

Seperti dikutip dari stuff.co.nz pada Sabtu (13/2/2016), rahasia kerangka misterius itu akhirnya terpecahkan. Tulang belulang itu ternyata berasal dari hewan laut.

Melalui Twitter, Museum Te Papa menjelaskan bahwa kerangka itu berasal dari ikan pari mulus (Dipturus innominatus). Tengkorak yang tersisa merupakan bagian pelindung otak hewan tersebut.

Wanita Selandia Baru ini menemukan kerangka mahluk misterius terombang-ambing di pantai Waitatere. (Sumber akun Facebook milik Maria Lombard)

Menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN), spesies ini tersebar luas di perairan Selandia Baru. Mereka bisa ditemukan hingga kedalaman 1.200 meter, walaupun jarang lebih dalam dari 800 meter.

Hewan ini berumur panjang dan bisa mencapai usia lebih dari 24 tahun. Hewan betinanya memasuki kesuburan setelah usia 13 tahun.

Semasa hidup, bentuk hewan itu tidaklah seseram yang dibayangkan. Nah, ini dia:

Kerangka ikan pari ini terombang-ambing di lepas pantai dan dikira kerangka naga. (Sumber Clinton Duffy via Auckland Museum)