'Menginap' di dalam Lukisan Van Gogh

Oleh Indy Keningar pada 11 Feb 2016, 07:00 WIB
Diperbarui 11 Feb 2016, 07:00 WIB
'Menginap' di dalam Lukisan Van Gogh
Perbesar
Ingin merasakan 'melihat sekeliling' melalui mata Vincent Van Gogh? Anda tinggal menghubungi Airbnb.

Liputan6.com, Chicago - Vincent Van Gogh adalah pelukis legendaris asal Belanda, ia melukis sepanjang hidupnya hingga akhir Abad ke-19. Salah satu lukisan terkenalnya bergaya surreal menggambarkan kamar penginapan, dan berjudul Bedroom in Arles.

Bagi Anda yang ingin melihat melalui mata Van Gogh, kini ada kesempatan menginap 'di dalam' lukisan tersebut. Anda tinggal menghubungi Airbnb.

The Art Institute of Chicago membuat replika lukisan itu dalam wujud kamar tidur sungguhan. Mulai tanggal 10 Februari 2016, kamar tersebut tersedia dan bisa disewa melalui Airbnb.

Lukisan 'Bedroom in Arles'. (Vincent Van Gogh)

Kamar tersebut dibangun untuk mempromosikan pameran yang digelar institut, Van Gogh’s Bedrooms, dibuka pada 14 Februari hingga 10 Mei tahun ini.

Pameran ini menjadi pertama kalinya, ketiga versi lukisan dipamerkan di Amerika Utara. Ada beberapa presentasi tambahan, meliputi lukisan yang ditingkatkan kualitasnya secara digital.

Sayangnya, saat ini, tak ada tanggal yang tersedia jika ingin menyewa di bulan Februari. Namun, The Art Institute of Chicago berencana akan menyewakan kembali di bulan-bulan berikutnya.

"Tanggal yang tersedia sudah penuh disewa lebih cepat dari yang diduga," tulis pihak museum di laman Facebook, dikutip Gizmodo.

"Kami akanmengungkapkan tanggal yang tersedia di bulan Maret dalam beberapa minggu mendatang.

Jika Anda berhasil menyewa, Anda boleh membawa seorang teman. Kamar bisa mengakomodasi dua orang, dan dilengkapi satu kamar mandi. Lebih hebatnya lagi, kamar ini hanya dihargai sebanyak $10 per malam.

Detail kamar. (The Art Institute of Chicago)

"Saya memungut hanya $10 tak lain dan tak bukan karena perlu membeli cat," tulis deskripsi kamar, seakan-akan ditulis oleh Vincent Van Gogh sendiri.

"Bagaimanapun, saya akan puas memberikan Anda tiket untuk pameran lukisan saya di Art Institute of Chicago."