Sukses

Cuaca Hangat Memaksa 2 Beruang Bangun Lebih Awal

Karena musim dingin yang lebih hangat dari biasanya, sepasang beruang mengira sudah waktunya keluar dari hibernasi mereka.

Liputan6.com, Helsinki - Dua beruang cokelat di Kebun Binatang Helsinki bangun dari masa hibernasi mereka pada pekan ini. Kejadian ini sebetulnya satu bulan lebih cepat dari jadwal yang seharusnya.

Dikutip dari Yle, Rabu (10/2/2016), beruang-beruang yang masing-masing berusia 10 dan 15 tahun tersebut memulai masa hibernasi (tidur panjang di musim dingin) pada minggu pertama bulan November lalu. Mereka seharusnya menjalan hibernasi hingga awal Maret.

Namun demikian, para pekerja kebun binatang mendengar bunyi-bunyian di kandang beruang dan mendapati keduanya sudah bangun. Beruang yang lebih muda bergegas ke luar gua buatan. Namun beruang yang lebih tua masih harus bergelut dengan kantuk.

Menurut para pegawai kebun binatang, beruang yang baru saja bangun dari istirahat panjang tidak terlalu kuat berada di luar ruang seharian. Kemungkinan dia akan segera kembali ke ruang dalam untuk tidur siang.

Dua ekor beruang coklat di Kebun Binatang Helsinki keluar lebih awal dari masa hibernasi. (Sumber Yle)

Tahun lalu, beruang-beruang ini juga terbangun sebulan lebih awal dari hibernasi mereka, juga karena udara yang lebih hangat pada musim dingin.

Sebagai catatan, beruang melakukan hibernasi untuk menyintas selama bulan-bulan musim dingin yang ganas ketika makanan tidak banyak tersedia. Dalam iklim-iklim yang hangat, beruang tidak perlu melakukan hibernasi.

Kebun Binatang Helsinki yang berada di Pulau Korkeasaari buka sepanjang tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.