Sukses

Mendarat Darurat dengan 3 Roda, Pilot British Airways Tuai Pujian

Saat umumkan pendaratan, pilot British Airways terdengar tenang. Tak terasa kepanikan kru dan penumpang.

Liputan6.com, London - Maskapai pelat merah milik Inggris Bristish Airways yang baru saja 2 jam terbang dari London ke Chicago, AS terpaksa balik badan ke bandara Heathrow untuk melakukan pendaratan darurat. Alasannya, kerusakan mesin. Hal itu diutarakan oleh pihak penerbangan.

Sesuai prosedur pendaratan darurat, pilot harus mengosongkan bahan bakar agar jika terjadi gesekan pesawat tidak terpecik api dan bisa sama meledak. Setelah itu, penerbangan bernomor BA 259 itu kembali ke Bandara Heathrow untuk mendarat.

Sesampai di langit London, kapten pilot berhasil melakukan manuver dan mendaratkan burung besi itu dengan mulus kendati roda Boeng 747 itu mengalami kerusakan parah.

"Mengambil langkah aman, pilot kami memutuskan untuk kembali ke Heathrow," tulis maskapai itu seperti dilansir dari ABC News, Minggu (31/1/2016).

"Setelah dicek, kami memutuskan penumpang mengganti pesawat yang lain, sementara yang satu ini ditarik ke hanggar untuk pemeriksaan lebih lanjut," tambah pernyatan itu.

Saksi mata mengatakan bahwa para kru memberitahukan penumpang setelah 2 jam mengudara bahwa mereka akan kembali ke London karena masalah teknik.

"20 menit sebelum mendarat, kami diberitahu roda pendaratan diturunkan--seperti prosedur biasa. Penumpang di dalam begitu tenang, tidak seperti ada masalah," kata Martin Robinson dalam Twiternya.

"Setelah mendarat, kami disambut oleh ambulans dan kru gawat darurat. Pilot juga memberitahukan bahwa kami hanya menggunakan 3 dari 5 roda untuk mendarat. Hebat sekali pilot kami!" tulisnya lagi.

Pun dengan penumpang lainnya yang mengisahkan betapa pilot mereka mengumumkan dengan suara tenang.

"Seperti biasa saja ia menjelaskan prosedur pendaratan, padahal itu pendaratan darurat." tulis akun Andrew Victory.

"Ia bahkan menjelaskan dengan tenang bahwa telah terjadi kerusakan cukup besar. Dan para penumpang juga tampak tenang. Padahal banyak anak-anak dalam pesawat itu, dan tentu saja orangtua bakal khawatir," lanjutnya lagi.

Penumpang bertepuk tangan setelah kapten pilot mengumumkan pendaratan itu. Mereka juga tertib saat turun dari maskapai itu karena posisi pesawat tidak stabil. 

Berikut detik-detik maskapai British Airways nomor penerbangan BA 259 melakukan pendaratan darurat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.