Sukses

27-1-1984: Tragedi Rambut Michael Jackson Terbakar

Hari ini 31 silam, insiden tragis dialami mendiang Raja Pop dunia Michael Jackson. Saksikan dalam video berikut ini:

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini 31 silam, insiden tragis dialami mendiang Raja Pop dunia Michael Jackson. Saat itu, pria yang karib disapa MJ itu mengalami kecelakan akibat terbakar api.

Penyanyi yang kala itu berusia 25 tahun tengah menyanyikan lagu 'Billie Jean' untuk iklan komersial Pepsi Cola di Los Angeles ketika ada kesalahan saat adegan efek khusus.

Di depan 3 ribu fans, tepat pada 27 Januari 1984, adegan saat kembang api meletus di tengah-tengah sang superstar dipertontonkan. Namun, insiden tak menyenangkan terjadi saat cahayanya menyinari kepala Jacko dan percikan api membakar rambutnya.

Anehnya, dalam tayangan yang beredar, Jacko sepertinya tidak menyadari bahwa rambutnya telah tersulut api. Ia masih terus menari, hingga para kru mengerubunginya untuk memadamkan api tersebut dari kepalanya.

Beberapa penonton studio mengatakan Sang Raja Pop begitu tenang, sehingga para mereka berpikir insiden itu bagian dari pengambilan iklan. Si penyanyi dilaporkan menutupi rambutnya yang terbakar dengan jaket ketika saudara-saudaranya bergegas memadamkan kobaran api.

"Dia hebat. Dia bisa meyakinkan orang bahkan saat ia sedang dibawa pergi dengan tandu (sebagai bagian dari pengambilan gambar)," kata salah satu penonton seperti dikutip dari BBC Today in History.

Michael Jackson kemudian dibawa ke rumah sakit dan menjalani perawatan luka bakar tingkat dua dan tiga. Ahli bedah plastik Steven Hoefflin mengatakan Jacko memerlukan pembedahan untuk kepalanya.

"Dia merasa tak nyaman...," kata dokter.

Luka bakar di bagian kulit kepalanya juga menyebabkan kebotakan. Dalam otobiografinya, 'Moonwalk', Michael mengaku nyeri dari bekas luka tersebut tak kunjung hilang. Ia juga mengaku minum obat pereda sakit untuk meringankan rasa sakit itu.

Sang superstar menghasilkan 7 juta poundsterling untuk seri Pepsi Cola iklan. Ini adalah bagian dari kesepakatan bernilai luar biasa.

Album MJ, "Thriller"  juga tercatat Guinness Book of Records sebagai peraih penjualan terbaik sepanjang masa.

Berikut detik-detik saat rambut Jacko terbakar.

Pada tanggal yang sama tahun 1967, 3 astronot dilaporkan tewas dalam tragedi Apollo 1. Angkasawan asal Amerika itu meregang nyawa akibat kapsul Apollo terbakar di landasan peluncuran di Cape Kennedy.

Sementara pada 27 Januari 1995 tercatat sebagai momen saat pesepakbola klub Manchester United Eric Cantona menyerang penggemarnya. Ia didenda 20.000 pound sterling dan dilarang bermain sepakbola dengan gaya ala 'kung fu' yang digunakannya menyerang salah satu penonton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.