Sukses

Uni Eropa Buka Kedutaan untuk ASEAN di Jakarta

Tak cuma membuka kantor kedutaan, Uni Eropa (UE) juga menunjuk Fransisco Fontan sebagai Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta - Kemitraan Uni Eropa dan organisasi negara-negara Asia Tenggara atau ASEAN semakin erat. Hal ini ditunjukkan dengan pembukaan kantor perwakilan/kedutaan Uni Eropa untuk ASEAN di Jakarta.

Tak cuma membuka kantor kedutaan, Uni Eropa (UE) juga menunjuk Fransisco Fontan sebagai Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN. Pria asal Spanyol ini merupakan Dubes UE untuk ASEAN yang pertama.

Sebelumnya, posisi tersebut kerap dirangkap oleh Dubes UE untuk Indonesia merangkap Brunei Darussalam.

Bertempat di Intiland Tower Jalan Jenderal Sudirman, pembukaan kantor Kedutaan UE untuk ASEAN dihadiri sejumlah pejabat penting Kemlu dan Organisasi Negara-Negara Asia Tenggara tersebut. Di antaranya Sekjen ASEAN Le Luong Mihn dan Direktur Mitra Wacana Antar-Kawasan ASEAN, Derry Aman.

Dalam sambutannya Sekjen ASEAN Le menyambut baik pembukaan Kedutaan UE untuk ASEAN di Jakarta. Pria asal Vietnam itu mengatakan, dengan adanya perwakilan khusus UE untuk ASEAN maka hubungan kedua organisasi antar-negara akan semakin kuat ke depannya.

"Saya ucapkan selamat atas pembukaan perwakilan UE. Ini mencerminkan perkembangan hubungan ASEAN dan UE," kata Le di kantor Perwakilan EU di Jakarta, Selasa (26/1/2016).

"ASEAN selalu melihat UE sebagai salah satu mitra utama bagi kami. Kami sangat menantikan untuk memperkuat hubungan kami dengan UE," ujar dia.

Pernyataan serupa juga disampaikan Dubes Fontan. Dia mengatakan, banyak kesamaan yang dimiliki ASEAN dan UE.

"UE dan ASEAN berbagi DNA dalam tujuan untuk mensejahterakan masyarakat dan menciptakan perdamaian di wilayahnya," kata Fontan.

"Ini bisa diwujudkan dengan kerjasama antar-negara anggota UE dan juga ASEAN," pungkas Fontan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.