Sukses

9 Lokasi Mistis Paling Bikin Penasaran

Mitos dan legenda di dunia ini tak terhitung banyaknya. Berikut ini beberaapa lokasi yang paling dicari-cari.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak manusia bisa berkomunikasi satu sama lain, mitos-mitos dan legenda terbentuk. Secara berantai tersampaikan ke anak cucu.

Ada dongeng, cerita rakyat, dan hewan mistis. Ada pula kisah soal negara, peradaban, dan pulau mistis.

Kisah yang melatarbelakangi lokasi mistis umumnya merupakan proyeksi dunia impian, atau kerap disebut dengan utopia. Namun, kadang merupakan tempat terjadinya kejadian kelam berbau horor.

Inilah lokasi-lokasi mistis yang paling bikin penasaran versi Geek.com yang dikutip Senin (25/2/2015). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1-2

Agartha

Agartha. (foto: geek.com)

Agartha bukan hanya kota mitos, namun, kisah di baliknya memiliki kaitan erat dengan teori konspirasi.

zaman dulu, orang-orang percaya bahwa Bumi ini kopong. Di bagian dalamnya ada peradaban lain dengan orang-orang ras berbeda dan kota asing.

Pada Abad ke-19, Alexandre Saint-Yves d’Alveydre menyebut Agartha sebagai tempat yang membawa kemakmuran dan kebijakan. Untuk bisa mencapainya, manusia hendaknya menuruti perintah Musa dan Yesus.

Sejak saat itu, Agartha sering disebut-sebut dalam berbagai upacara keagamaan.

Atlantis

Atlantis. (foto: geek.com)

Kemungkinan besar, saat mendengar kata 'Kota Mistis', Atlantis lah yang pertama kali terbersit di pikiran Anda.

Atlantis pertama kali disebutkan oleh filsuf terkenal Plato, disebutkan bahwa kota tenggelam ke dasar laut akibat sikap kurang baik para penduduknya.

Selama dua milenium, kota ini pun menjadi bahan penelitian ilmiah maupun berbagai teori konspirasi gila. Namun, hingga kini belum terpecahkan mengenai kebenarannya.

3 dari 4 halaman

3-5

Avalon

Avalon. (foto: geek.com)

Legenda Raja Arthur memuat berbagai lokasi mistis, termasuk daerah kekuasaan sang Raja, Camelor. Namun yang tak kalah terkenal adalah pulau Avalon.

Di pulau itulah pedang Excalibur Raja Arthur dibuat, selain menjadi tempat di mana sang raja menghilang setelah pertarungannya melawan Mordred.

Kerajaan El Dorado

El Dorado. (foto: geek.com)

El Dorado memang bukan nama tempat, namun nama seorang raja yang konon memimpin Columbia.

Sang Raja merupakan sosok yang suka menyelubungi dirinya dengan emas, dan tenggelam dalam danau.

Dari banyaknya penjelajah yang datang, legenda El Dorado berkembang. Dari kisah sang raja hingga kota, sampai akhirnya menjadi kerajaan dan peradaban yang keseluruhannya dilapisi dengan emas.

Hawaiki

Hawaiki. (foto: geek.com)

Menurut legenda, orang-orang Maori yang kini berdiam di New Zealand berasal dari tanah Hawaiki, yang juga menjadi kehidupan setelah kematian dalam mitos Maori.

Konsep dan nama Hawaiki muncul di beberapa budaya Polinesia berbeda, termasuk nama negara bagian ke-50, Hawaii.

4 dari 4 halaman

6-8

Kerajaan Saguenay

Saquenay. (foto: geek.com)

Selagi menjajah Amerika Utara pada Abad ke-16 dan 17, rakyat Prancis mendengar mengenai kisah kerajaan Utara yang kaya dan dihuni penduduk berambut pirang.

Banyak penjelalah Prancis yang percaya dengan dongeng itu, bahkan melakukan pencarian kerajaan Saguenay. Namun, sekarang ini kota tersebut dilihat sebagai bentuk kesalahpahaman atau bagian dari trik yang dilancarkan suku Iroquois untuk mengusir penjajah dari Eropa.

Namun, banyak yang percaya bahwa cerita itu berasal dari keberadaan penduduk asli Eropa yang berdiam di Amerika Utara.

Scholomance

Scholoman. (foto: geek.com)

Scholomance adalah sebuah sekolah, yang keistimewaannya ada pada ilmu dan pengajarnya.

Terletak di Selatan Hermannstadt, Transylvania, Scholomance merupakan sekolah ilmu hitam yang konon didirikan oleh iblis. Setiap tahunnya hanya ada 10 orang murid yang belajar, dan salah satunya dikurung dan dijadikan budak bagi Pangeran Vampir.

Shambala

Shambala. (foto: geek.com)

Mirip seperti Agartha, Shambala dipercaya berada di dalam bagian tengah bumi yang kosong.

Namun bukan hanya kota, Shambala adalah seluruh kerajaan yang disebutkan dalam berbagai teks penganut ajaran Buddha dari Tibet dan Hindu. Walau asal-usulnya dari Timur, mitos Shambhala dipengaruhi kuat dari bagian Barat, dan mempengaruhi juga berbagai tradisi dunia gaib.

Shangri-La

Shangri-La. (foto: geek.com)

Terpengaruh dari kisah Shambhala, penulis James Hilton membuat tempat fiktif lembah Shangri-La di novelnya, Lost Horizon.

Tempat itu dikatakan berada di Pegunungan Kunlun dan merupakan utopia, di mana penduduknya berumur panjang dan memiliki kesehatan sempurna.

Selain dari mitos Shambala, Shangri-La juga terinspirasi dari legenda Tibet mengenai tujuh negeri ajaib yang tersembunyi.

Bagaimana menurut Anda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini