Sukses

Toilet Umum Ini Dijual Rp 19 Miliar

Sebelumnya di sana banyak terdapat sebuah kelab malam yang kemudian menjadi properti komersial.

Liputan6.com, London - Ada yang berbeda dengan toilet yang satu ini. Sebab bangunan tempat pembuangan kotoran manusia itu dilelang dengan harga fantastis, yakni US$ 1.400.000 atau sekitar Rp 19 miliar.

Harga yang cukup melambung itu dikarenakan lokasi toilet umum yang berada di jalanan terkemuka London.

Lokasi toilet yang jauh dari tempat standar, di distrik Spitalfields ke arah timur dari pusat kota London, digambarkan berada di tempat yang unik dan penuh karakter menurut sebuah daftar di situs konsultan properti, Clarke dan Lloyds.

Sebelumnya di sana banyak terdapat sebuah kelab malam yang kemudian menjadi properti komersial 15 tahun lalu. Aneka jajanan Lebanon tersedia di lokasi itu, serta ruang bawah tanah 600 kaki, trotoar seluas 435 kaki persegi.

Penduduk setempat menyatakan keprihatinannya bahwa setiap kelab malam yang baru bisa menyebabkan peningkatan gangguan di daerah sibuk tersebut.

Menurut laporan di surat kabar Evening Standard London, tempat itu sebelumnya sempat ditutup oleh dewan lokal pada tahun 2012 akibat keluhan terkait masalah kebisingan dan perizinan.

"Itu adalah sumber gangguan yang tak pernah berakhir," kata ketua Komunitas Group Spitalfields, Matt Piper seperti dikutip dari CNN, Jumat (22/1/2016).

"Ketika ditutup, ada petisi lokal terhadap hal itu dan ratusan orang dari setiap bagian dari masyarakat menandatanganinya. Siapa pun mengambil alih akan harus mengatasi hambatan itu. Itu bukan untuk mengatakan itu tidak dapat dilakukan," kata Piper.

Tetapi yang lain memiliki kenangan yang lebih positif tentang tempat itu. "Begitu banyak kenangan baik di tempat ini. Mencintai tempat kecil ini," kicau Jack Grooves.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.