Penampakan Aneh Macan Bergigi Taring di Kepala

Oleh Alexander Lumbantobing pada 11 Jan 2016, 10:07 WIB
Diperbarui 11 Jan 2016, 10:07 WIB
Aneh, Macan Ini Miliki Gigi Taring di Kepala
Perbesar
Macan gunung ini memiliki moncong dan gigi di bagian atas kepalanya. (Sumber Idaho Fish and Game via Huffington Post)

Liputan6.com, Boise - Seorang pemburu, Tyler Olson yang melacak seekor macan gunung liar terkejut bukan main ketika mendapati buruannya memiliki penampilan aneh. Buruannya memiliki susunan gigi lengkap di atas kepalanya.

Dikutip dari Huffington Post, Senin (11/1/2016), foto temuan macan jantan remaja itu diunggah pada Kamis 7 Januari lalu oleh pihak Idaho Fish and Game. Dalam foto itu diperlihatkan bangkai hewan tersebut yang akan dibungkus di kota Preston, Idaho.

Pernyataan dari departemen yang menangani hewan menyebutkan, "Macan gunung ini memiliki cacat yang tidak biasa, yaitu rangkaian gigi yang tumbuh sepenuhnya dan moncong kecil mencuat dari bagian kiri kepala hewan itu."

"Idaho Fish and Game tidak dapat menjelaskan secara pasti mengapa hal abnormal ini berkembang pada sang macan gunung."

Menurut analisis departemen tersebut, kemungkinan rangkaian gigi ini merupakan sisa dari saudara kembar si hewan yang mati ketika masih di dalam kandungan induknya. Ini bisa juga tumor teratoma yang langka, demikian ditulis oleh dinas tersebut.

"Tumor sejenis ini terdiri dari jaringan di mana gigi, rambut, dan bahkan jari-jari dapat tumbuh. Ahli biologi Idaho Fish and Game dari kawasan tersebut juga mengaku belum pernah melihat deformasi sejenis itu."

Tidak dijelaskan bagaimana nasib bangkai hewan itu, dan pihak yang berwenang mengatakan sang pemburu tidak wajib menyerahkannya untuk analisis lanjutan.

Macan gunung ini memiliki moncong dan gigi di bagian atas kepalanya. (Sumber @CarnivoreSci via Huffington Post)

Tyler Olson mengatakan bahwa kucing besar itu menyerang anjingnya pada 30 Desember 2015 lalu. Ia pun memutuskan untuk memulai perburuan.

"Respons awal pertamaku adalah berteriak mengusirnya. Hewan itu hanya beberapa meter saja dari pintu depan rumahnya," tutur Olson kepada Fox 13

Akibat serangan tersebut, anjing Olson menderita luka cakar. Sejak saat itu, muncul kekhawatiran bahwa hewan liar itu akan menyerang lagi sehingga warga sekitar memutuskan untuk memburunya.

"Mereka melacak dan mendapatkannya pada sore hari, lalu membawanya kepada kami. Saya melihat keanehan di kepalanya. Memang tidak biasa."

Menurut pihak berwenang, perburuan macan gunung memang diizinkan di negara bagian Idaho pada musim-musim tertentu.*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya