Sukses

Celana Dalam Hingga Roti, Ini 5 Tradisi Aneh Perayaan Tahun Baru

Umumnya tahun baru dirayakan dengan kembang api, namun di belahan Bumi lain ada sejumlah tradisi yang terbilang unik. Apa saja tradisi itu?

Liputan6.com, Jakarta - Di dunia Barat, malam sebelum atau menjelang tahun dirayakan dengan minum-minum sampanye dan ciuman tengah malam.

Beberapa berkumpul bersama teman-teman dan merayakan dengan tenang bersama pasangan mereka masing-masing, meyakini bahwa cara mereka merayakan tahun baru menggambarkan tahun mereka ke depan. Sementara ada yang mengnggap perayaan tahun baru terlalu berlebihan.

Bagaimanapun Anda merayakannya, pesta kembang api menjelang tahun baru merupakan sudah menjadi kebiasaan hampir di seluruh dunia, seolah-olah telah menjadi kewajiban untuk menghiasi langit dengan percikan berwarna-warni menjelang pergantian tahun.

Meski tradisinya bervariasi, beberapa negara memiliki kebiasaan yang unik dan cukup terbilang aneh.

Inilah sejumlah tradisi aneh dari sejumlah negara dilansir News.com.au.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Membakar Boneka Tokoh yang Dibenci

Perayaan malam tahun baru di Peru diwarnai bakar-bakaran. Bukan jagung atau ayam, tapi boneka selebriti bahkan president. Ini bukan lelucon, hal itu benar-benar mereka lakukan. Setidaknya semacam seperti itu.

Negara tersebut memiliki kebiasaan untuk membakar boneka tokoh masyarakat yang dibenci ke dalam api unggun pada tengah malam. (gobeyond.sg)

Negara tersebut memiliki kebiasaan untuk membakar boneka tokoh masyarakat yang dibenci ke dalam api unggun pada tengah malam.

Meskipun begitu, petugas senior dari kementerian kesehatan tidak setuju dengan kebiasaan yang mereka lakukan, mengatakan bahwa asap beracun berisiko merusak paru-paru.

Namun, hal itu tidak membuat warga untuk menjual boneka di Lima. Boneka yang ramai dibeli pada pergantian tahun baru yang baru lewat ini adalah boneka Presiden Ollanta Humala dan istrinya, Nadine Heredia.

3 dari 6 halaman

Pakaian Dalam Keberuntungan

Ketika Amerika Latin merayakan tahun baru, hal yang mereka utamakan adalah pakaian dalam.

Sementara orang-orang lain mencari pakaian untuk berpesta, negara-negara di Amerika Latin sibuk mencari pakaian dalam yang sensual.

Mereka percaya warna pakaian dalam akan memberikan keberuntungan pada tahun baru mendatang. (News.com.au)

Mereka percaya warna pakaian dalam akan memberikan keberuntungan pada tahun baru mendatang.

Bagi mereka yang mencari cinta memilih celana dalam merah, namun belakangan diketahui bahwa warna kuning menjadi pilihan popular yang diyakini memberikan keberuntungan dan kemakmuran.

Celana dalam putih diduga membawakan kedamaian sementara biru memberikan kesehatan, kebaikan dan ketenangan.

Namun berhati-hatilah, dan jangan memakai celana dalam berwarna hitam.

Meski banyak yang mengatakan warna itu memikat, mereka percaya hitam akan membawakan sial sepanjang tahun ke depan.

Secara mengherankan ini bukan perayaan tahun baru yang paling aneh.

Warga juga melakukan tradisi berjalan dengan koper keliling blok mereka dengan harapan akan diberikan kesempatan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.

4 dari 6 halaman

Tamu Keberuntungan

Tamu Keberuntungan

Sementara orang di seluruh dunia bersiap-siap untuk perayaan tahun baru, warga Skotlandia merayakan sesuatu yang berbeda. Mereka memeriahkan hari Hogmanay, yang berarti hari di akhir tahun.

Warga Skotlandia merayakan hari Hogmanay, yang berarti hari di akhir tahun. (News.com.au)

Perayaan tersebut memiliki keunikan tersendiri, namun salah satu yang paling membuatkan unik adalah 'pijakan pertama'.

Pada tengah malam, orang pertama yang masuk ke dalam rumah akan menentukan kemakmuran rumah tangga untuk tahun ke depan.

Menurut laporan BBC, pria berambut hitam yang membawa hadiah, biasanya arang dan makanan, menjadi harapan mereka.

Sementara wanita dengan rambut cerah menjadi tamu yang tidak diinginkan dan dianggap membawa sial.

Menyambut tahun baru dengan rumah yang bersih menjadi keutamaan dan tidak menyapu rumah dan membersihkan jendela sebelum tengah malam akan membawa sial.

5 dari 6 halaman

Menyelam seperti beruang kutub

Menyelam seperti beruang kutub

Apakah Anda pernah berpikiran untuk berenang di dalam air yang dingin? Sepertinya hanya orang nekad yang akan melakukan hal seperti itu.

Tradisi berendam di air dingin menjadi kebiasaan warga Kanada dalam perayaan tahun baru. (News.com.au)

Tapi percaya atau tidak, itu yang mereka lakukan di Kanada untuk merayakan tahun baru. Hal ini telah dilakukan sejak 1920 dan mendapatkan peserta terbanyak pada tahun 2000 lalu yang mencapai 1.000 hingga 2.000 peserta di Teluk English.

Sementara di Amerika kegiatan ini umumnya untuk menggalang dana untuk yayasan amal. Namun di Kanada mereka melakukannya untuk merayakan tahun baru.

Hal ini telah dilakukan sejak 1920 dan mendapatkan 1.000 hingga 2.000 peserta pada tahun 2000 lalu di Teluk English.

6 dari 6 halaman

Banting Roti ke Dinding

Roti memiliki berbagai manfaat. Namun selain untuk dimakan, rupanya di Irlandia warga membantingnya pada dinding dan pintu rumah mereka pada malam tahun baru hingga hancur.

Membanting roti pada dinding dan jendela di duga mengusir arwah jahat. (News.com.au)

Meski terbilang tradisi yang aneh, namun hal ini dipercaya bisa mengusir arwah jahat dari rumah mereka.

Sementara itu, mereka yang lajang biasanya tidur dengan hiasan ciri khas Natal mistletoe, holly atau ivy di bawah bantal, dengan harapan akan mempertemukan mereka dengan wanita atau pria impian pada tahun baru mendatang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru

  • Tradisi

Video Terkini