Sukses

Alat Musik Pemecah Rekor, Suaranya Terdengar Hingga Ribuan Meter

Alat musik organ pipa terbesar di dunia memiliki suara yang gaungnya terdengar

Liputan6.com, Jakarta - Organ adalah instrumen musik 'satu untuk semua'. Serupa dengan piano, namun dengan tuts yang bisa menghasilkan tiruan bunyi dari berbagai alat musik seperti cello ataupun harpa.

Dilaporkan Amusing Planet, Jumat 11 Desember 2015, organ terbesar di dunia berada di Boardwalk Hall di Atlantic City, New Jersey, aula paling penting di kota itu. Semua acara besar di Atlantic City digelar dalam ruangan tersebut, seperti event olahraga hoki, bola basket dan figure skating, sampai musik yang pernah menampilkan nama-nama besar seperti The Rolling Stones, Madonna, dan The Beatles.

Boardwalk Hall. (foto: Amusing Planet)

Ketika aula dibuka pada tahun 1929, tempat ini merupakan ruangan serbaguna terbesar di dunia dengan ruangan seluas 139 meter, dan pilar-pilar penopang selebar 95 meter, setinggi 42 meter. Menjadikan pembangunan sebagai proyek besar-besaran.

Bangunan yang menutupi area seluas 28.328 meter kubik ini juga dilengkapi dengan sistem listrik, radio, dapur, dan jaringan telepon.

Organ merupakan terbesar di dunia dan suaranya mampe terdengar di area seluas 1,6764 meter kubik. (foto: Amusing Planet)

Saat bangunan masih dalam konstruksi, organ menjadi instrumen wajib untuk menghibur. Khususnya untuk mendampingi pertunjukan gambar hidup atau yang kita kenal dengan film sebelum ada teknologi suara. Pada masa-masa itu, teater standar hanya mampu menampung 2.000 sampai 3.000 orang, sementara kapasitas tempat duduk Boardwalk Hall mencapai 42.000 kursi.

Organ selesai dibangun tahun 1929. (foto: Amusing Planet)

Dengan volume bagian dalam ruangan 1.676.400 meter kubik, adalah tantangan tersendiri untuk mereka yang tampil agar bisa terdengar ke seluruh ruang.

Tugas ini diberikan kepada Midmer-Losh Inc. dari Merrick, Long Island, AS. Mereka lalu menggagas alat musik raksasa pemecah rekor dunia yang akhirnya tercatat dalam sejarah.

Membuat organ tersebut sebagai alat musik pipa terbesar di dunia dan paling hebat.

Pipa organ yang berukuran raksasa. (foto: Amusing Planet)

Dibuat dari 33 ribu pipa, suara dari alat musik ini menggelegar memenuhi area utama, 6 kali lebih lantang dari peluit kereta paling nyaring.

Untuk menghasilkan suara sehebat itu, organ ditambahkan blower listrik yang memiliki 600 tenaga kuda.

Organ dilengkapi dengan tujuh tingkat keyboard dan ribuan pedal. (foto: Amusing Planet)

Konsol utama organ juga merupakan yang terbesar di dunia, dengan lebih dari 1.200 tuts. Satu-satunya organ yang memiliki 7 lapis keyboard. Pembuatannya memakan waktu 3 tahun.

Saking besarnya, alat musik ini dibangun di lokasi, sehingga tidak pernah dipindahkan. Pipa terpanjang berukuran 19,5 meter, tak mungkin membangunnya di tempat lain untuk kemudian dipindahkan.

Ruang generator organ. (foto: Amusing Planet)

Namun sejak badai Atlantic melanda pada tahun 1944, membuat organ tak lagi berfungsi dengan baik. Kendati masih sering dimainkan dalam konvensi seperti pagelaran Miss America, kampanye politik, dan event olahraga.

Penggunaan yang berkelanjutan selama bertahun-tahun membuat mesin organ aus, sehingga saat ini hanya 15 sampai 20 persen bagian alat musik yang masih bisa dimainkan.

Kerusakan lanjutan pun terjadi dalam renovasi pada tahun 2000-2001, mengakibatkan pipa bengkok dan hancur. Sekarang organ ini akan menjalani restorasi yang diperkirakan memakan waktu sedikitnya 8 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.