Sukses

Rasa 'Iba' Petugas, Selamatkan Ulang Tahun Seorang Anak

Seorang ibu kedapatan mencuri sejumlah bahan pembuat kue, tapi sang polisi malah membayarkan harga barang-barang curian itu.

Liputan6.com, Portsmouth - Pekan lalu, polisi kota Portsmouth, New Hampshire, menanggapi panggilan penjaga toko yang memergoki seorang ibu melakukan pencurian. 

Setibanya di TKP, petugas Michael Kotsonis tidak menahan sang ibu, sebaliknya ia membayar bahan-bahan kue yang dicuri. 

Belakangan diketahui wanita tersebut tidak punya uang untuk membuat kue ulang tahun untuk anaknya.

Kotsonis sudah menjadi polisi selama 19 tahun-- awalnya ia meminta namanya untuk tidak diungkakan dalam berita.

“Saya melakukan ini bukan untuk mencari perhatian. Membantu tanpa perlu dilihat orang lain, itulah karakter seseorang sesungguhnya.”

Dikutip dari Sea Coast Online, Jumat (04/12/2015), kisah ini justru diungkapkan oleh pegawai toko Ocean State Job Lots kepada Portsmouth Herald karena dianggap sebagai "hal paling ramah di seluruh dunia.”

“Dengan maraknya pemberitaan polisi buruk, menurut saya semua ingin mendengar tentang kejadian ini,” kata pegawai toko yang tidak mau disebutkan namanya.

“Ia seorang anggota kepolisian Portsmouth. Saya belum pernah melihat seorang polisi melakukan kebaikan seperti itu dan saya berharap ia bisa diberikan penghargaan selayaknya.”

Polisi ini bertugas dengan empati. (Sumber seacoastonline.com)

Enggan membicarakan tentang insiden tersebut, Kotnosis mengatakan bahwa rekan-rekannya sesama polisi juga akan melaukan hal yang sama.

Katanya, “Kami tidak perlu memberi tahu siapapun atau untuk diumbar. Saya tidak perlu menjadi berita untuk membedakan apa yang benar dan salah.”

Ia mengisahkan saat menanggapi panggilan ke toko tersebut atas laporan seorang wanita yang mencuri tepung kue instan, mentega Crisco, dan dan bahan-bahan lainnya.

Setelah melakukan penyelidikan, ia mengetahui mengenali sang pencuri dan mendatangi rumahnya untuk mencari barang-barang curian tersebut.

Sesampainya di rumah tersangka, ia melihat bahwa bahan-bahan itu diambil untuk membuat kue ulang tahun seorang anak. Kostonis kemudian membawa barang-barang itu kembali ke toko dan mengatakan kepada manajer toko, “Saya yang akan bayar untuk mereka.“

“Saya tidak mau merampas kue ulang tahun seorang anak. Akhirnya saya membawa barang-barang itu kembali kepada sang ibu,” tambahnya.

Sang ibu tidak mencuri untuk kepentingannya sendiri, namun “hal itu tidak membuatnya menjadi benar. Tapi jangan sampai anak itu yang menjadi korban.”

Pelaksana wakil kepala Frank Warchol mengatakan bahwa ia pernah mendengar petugas membelikan uang bensin dan makanan kepada yang memerlukan, tapi tidak pernah mendapatkan konfirmasi dari petugas yang melakukannya.

Kotsonis mengatakan salah satu aspek pekerjaan polisi yang tidak terlihat adalah menolong orang,"

“Saya tahu dia tidak ingin menjadi pusat perhatian. Jika bisa menolong, lakukanlah.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.