Sukses

Hebat! Kakek Ini Pakai Kantung Plastik yang Sama Selama 34 Tahun

Selama tiga dasawarsa lebih, ia setia menggunakan kantung plastik itu.

Liputan6.com, Mold - Plastik merupakan bahan yang dianggap mencemari lingkungan karena sifatnya yang tak terurai di tanah. Itulah mengapa, salah satu upaya membuat lingkungan hidup jadi tempat yang lebih baik adalah dengan meminimalisi penggunaan kantung plastik.

Dalam hal ini, seorang kakek berada di level lebih tinggi, dengan menggunakan kantong plastik yang sama selama lebih dari 30 tahun, bahkan tanpa benar-benar memikirkan mengenai aspek peduli lingkungan.

Dilaporkan dari Express, Kamis (3/12/2015), Martin McCaskie  masih menyimpan kantung plastik dari Tesco yang didapatkannya untuk menampung barang belanjaan yang dibelinya saat ke supermarket itu tahun 1981 lalu. Kantung plastik itu dilipat rapi dan tersimpan di kantung jaketnya.

Keluarga dari kakek tiga cucu ini tidak menyadari keberadaan barang 'vintage' ini sampai McCaskie mengeluarkannya di rumah anak perempuannya, untuk menaruh koleksi majalah.

Pensiunan teknisi dari Mold, Flintshire ini memperkirakan ia sudah menggunakan kantung plastik itu lebih dari 2 ribu kali selama satu setengah dasawarsa terakhir. Adapun logo di kantung plastik itu adalah saat toserba Tesco  memperingati 50 tahun usia toko itu.

Ketika kantung itu diproduksi tahun 1981 lalu, Personal Computer (PC) pertama dari IBM baru didaftarkan, dan domain nama internet pertama baru berusia 4 tahun.

Martin McCaskie menggunakan kantung plastik yang sama selama 34 tahun. (foto: Express.co.uk)

McCaskie mengungkapkan: "Saya bahkan tak ingat ini dari toko Tesco mana, namun plastik ini sungguh berguna."

"Motto saya adalah 'jangan buang-buang apapun, jangan inginkan apapun'. Saya selalu melipatnya di kantung jaket untuk berjaga-jaga jika kami memerlukannya," kata kakek berusia 72 tahun.

"Kantung plastik ini terbukti berguna, meskipun Wales telah melaran penggunaan kantung plastik empat tahun lalu. Namun sebelumnya saya juga tak pernah membuangnya, ujar McCaskie lagi."

"Saya hanya menggunakannya ketika diperlukan. Anda tak bisa menggunakannya untuk barang berat, namun kalau sekedar barang belanjaan,  kantung ini masih berguna," tuturnya. 

Matt Tomlinson, manajer toko superstore Tesco Mold, menyatakan: "Kami bangga bisa melayani komunitas di Mold sini selama 26 tahun, dan kantung plastik itu berguna bagi McCaskie untuk waktu yang lebh lama lagi."

Sejak diproduksinya kantung plastik, Perdana Menteri Inggris telah lima kali berganti, Presiden AS berganti enam kali, Paus berganti tiga kali dan 836 judul lagu menduduki nomor satu di tangga lagu Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.