Obama: Amerika Berkomitmen dalam Isu Perubahan Iklim

Oleh Tanti Yulianingsih pada 01 Des 2015, 12:56 WIB
Diperbarui 01 Des 2015, 12:56 WIB
Obama: Amerika Berkomitmen Lakukan Perubahan Iklim
Perbesar
Presiden Barack Obama di KTT Perubahan Iklim Paris. (Reuters)

Liputan6.com, Paris - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, mengatakan KTT Perubahan iklim PBB di Paris dapat menjadi sebuah titik balik upaya dunia dalam mencegah peningkatan suhu Bumi.

Para perunding dari 195 negara berusaha mencapai kesepakatan dalam 2 minggu ini dengan tujuan mengurangi emisi karbon global dan membatasi pemanasan dunia sampai 2 derajat Celsius.

Pemimpin 147 negara turut hadir dalam pertemuan yang dikenal dengan nama COP21.

Pada kesempatan itu, Barack Obama mendesak para perunding untuk menyampaikan persetujuan yang berarti karena generasi masa depan sedang mengamati.

"Perubahan iklim bisa menentukan kontur abad ini lebih dari yang lain (tantangan). Saya datang ke sini secara pribadi untuk mengatakan Amerika Serikat tidak hanya mengakui permasalahan itu, tetapi berkomitmen untuk melakukan sesuatu tentang perubahan iklim," kata Obama kepada para delegasi, seperti dikutip dari BBC, Selasa (1/12/2015).

Obama menambahkan, dalam beberapa tahun terakhir ini ekonomi dunia tumbuh sementara emisi tetap datar. Hal ini mengubah perdebatan lama bahwa perubahan ekonomi dan perlindungan lingkungan bertentangan.

Sebagian besar perundingan diperkirakan akan berpusat pada kesepakatan membatasi kenaikan suhu dunia pada 2 derajat Celsius. (Tnt/Ein)**