Sukses

Jokowi Pastikan RI Bagian dari Solusi Perubahan Iklim di Paris

Presiden Jokowi juga akan menyampaikan langkah yang telah dan akan diambil Indonesia untuk mengatasi kebakaran hutan.

Liputan6.com, Paris - Presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan KTT Perubahan Iklim atu COP21 di Paris, Prancis. Dalam pertemuan ini, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut memastikan peran aktif Indonesia dalam rangka melawan masalah itu.

"Pak Presiden akan menyampaikan komitmen politik Indonesia untuk menjadi bagian solusi untuk menyelesaikan masalah perubahan iklim," ucap Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanantha Nasir di kantornya di Jakarta, Senin (30/11/2015).

Pria yang kerap disapa Tata ini menyebut, komitmen itu akan diwujudkan dalam beberapa langkah. Termasuk dengan menurunkan emisi.

"Bagaimana kita mengimplementasikan itu, dalam hal apa yang kita lakukan dalam bidang energi mengalihkan subsidi pada bidang yang lebih produktif dan upaya kita untuk memanfaatkan energi yang diterbarukan hampir hingga 25 persen sumber energi kita pada 2025," tambah Tata.

Selain itu, Tata mengatakan di ibu kota Prancis, Presiden Jokowi juga akan menyampaikan langkah yang telah dan akan diambil Indonesia mengatasi kebakaran hutan. Cara tersebut terkait bagaimana menangani pemerintah menengani lahan gambut dengan menggunakan one map policy.

Presiden Jokowi memulai kegiatannya di Paris, Prancis, dengan menghadiri upacara pembukaan leaders atau Welcoming of Leaders of COP 21 yang dilaksanakan di Parc des Expositions du Bourget.

147 Pemimpin Dunia

Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana mengatakan Jokowi disambut Presiden Prancis Francois Hollande dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon saat tiba di lobi.

"Tidak lama setelah itu, usai kehadiran semua kepala negara dan kepala pemerintahan dilaksanakan foto bersama," ucap Ari melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Pertemuan para pemimpin dunia dalam forum 21st Conference of Parties (COP 21) untuk United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) secara resmi dimulai pada hari ini di Paris, Prancis

Di tengah cuaca musim dingin Paris, sebanyak 147 pemimpin dunia termasuk Presiden Jokowi hadir dalam forum tersebut.

Adapun pertemuan Leaders UNFCCC COP 21 di Paris, Prancis berlangsung dari 30 November 2015 hingga 1 Desember 2015. (Tnt/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.