Sukses

Melalui Lomba Bakat, Pria Muslim Ini ke Luar Angkasa

Seorang muslim yang berhasil memenangkan lomba bakat, mendapatkan hadiah berupa perjalanan ke luar angkasa pada 2018.

Liputan6.com, Bangkok - Seorang pemuda Inggris berusia 24 tahun berhasil memenangkan perlombaan One Young World's Rising Star yang akan mengirimkan pemenangnya terbang ke luar angkasa secara gratis.

Hussain Manawer dari Essex menjadi warga muslim Inggris pertama yang akan menjadi antariksawan. Ia persembahkan kemenangannya untuk semua orang yang memiliki permasalahan kesehatan mental.

Dikutip dari Huffington PostSelasa (24/11/2015), dalam pidato kemenangannya di One Young World di Bangkok, pemuda itu mengatakan, “Pesawat angkasa ini aku persembahkan kepada setiap orang yang menderita penyakit mental."

Pesawat ruang angkasa dukungan Kruger Cowne untuk pemenang lomba. (Sumber Kruger Cowne via Huffington Post)

"Semua anak laki-laki, perempuan, pria dan wanita, yang sekarang terduduk menangis di dalam kamar mereka dan tanpa mengetahui alasan yang jelas. Mereka menghindar pantulan cermin karena tidak suka dengan apa yang mereka lihat di depannya.”

“ Jika kalian menderita penyakit mental, tak apa-apa. Selamat bergabung, ada 7 miliar orang seperti kita di dunia ini.”

Pidato Manawer mengundang penghormatan berdiri dari penonton. Dalam kesempatan itu, ia juga berbicara atas nama 'warga muslim'  dan dukungannya terhadap perang melawan terorisme.

Setelah Manawer diumumkan sebagai pemenang, video masuk kompetisi ditayangkan dalam acara tersebut. Rekaman teresbut mengungkapkan puisi berupa kata-kata berirama menceritakan penyakit mental yang diidapnya.

Manawer mengalahkan hampir 90 orang peserta lainnya yang memperebutkan hadiah fenomenal yang disediakan oleh NASA, Ron Garan, dengan dukungan dari agensi bakat Kruger Cowne.

Pemuda itu akan melakukan perjalanan sejauh 97 kilometer ke ruang angkasa pada 2018 mendatang, setelah menjalani program pelatihan untuk mempersiapkan dirinya. (Alx/Rcy)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.