Sukses

Unik, Proses Politik Mengandalkan Undian

Apa yang terjadi jika proses pemilihan suara politik berimbang? Mereka melakukan undian layaknya arisan ibu-ibu.

Liputan6.com, Mississippi - Proses politik bisa saja berlangsung sangat seru-- namun, ketika dihadapi perolehan suara yang seri-- pemilihan bisa berlangsung layaknya arisan ibu-ibu.

Insiden itulah yang terjadi di negara bagian Mississippi di AS. Seorang politsi Partai Demokrat memenangkan pemilu setempat setelah melakukan undian dari dalam kotak.

Dikutip dari stasiun WAPT pada Senin (23/11/2015), Bo Eaton—yang sudah menjabat selama 20 tahun—mengalahkan penantang dari Partai Republik, Mark Tullos, Jumat kemarin.

Petani dari kota Taylorsville itu mengatakan sebelum undian, bahwa ia akan menerima apapun hasilya. Lawannya, seorang pengacara dari kota Raleigh-- menurut sumber mengungkapkan bahwa ia menerima hasilnya hanya jika ia menang.

Mark Tullos mengatakan bahwa kalau ia kalah, ia akan meminta Dewan untuk menempatkannya sebagai pemenang karena ia mempertanyakan keabsahan perhitungan suara pemilihan.

Konferensi Nasional Dewan Negara Bagian mengatakan bahwa ada 24 negara bagian yang memiliki hukum yang menyebutkan bahwa pemilu berimbang akan ditentukan dengan undian atau melempar mata uang.

Kemenangan Eaton menghalangi Partai Republik menjadi mayoritas di Dewan. Jika menjadi supermayoritas, partai tersebut akan dapat membuat keputusan terkait pajak tanpa meminta bantuan dari Partai Demokrat. (Alx/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini