Unik, Proses Politik Mengandalkan Undian

Oleh Alexander Lumbantobing pada 23 Nov 2015, 21:00 WIB
Diperbarui 23 Nov 2015, 21:00 WIB
Unik, Ketika Proses Politik Mengandalkan Undian
Perbesar
Ada 24 negara bagian yang memiliki hukum yang menyebutkan bahwa pemilu yang berimbang akan ditentukan melalui undian. (Sumber BBC)

Liputan6.com, Mississippi - Proses politik bisa saja berlangsung sangat seru-- namun, ketika dihadapi perolehan suara yang seri-- pemilihan bisa berlangsung layaknya arisan ibu-ibu.

Insiden itulah yang terjadi di negara bagian Mississippi di AS. Seorang politsi Partai Demokrat memenangkan pemilu setempat setelah melakukan undian dari dalam kotak.

Dikutip dari stasiun WAPT pada Senin (23/11/2015), Bo Eaton—yang sudah menjabat selama 20 tahun—mengalahkan penantang dari Partai Republik, Mark Tullos, Jumat kemarin.

Petani dari kota Taylorsville itu mengatakan sebelum undian, bahwa ia akan menerima apapun hasilya. Lawannya, seorang pengacara dari kota Raleigh-- menurut sumber mengungkapkan bahwa ia menerima hasilnya hanya jika ia menang.

Mark Tullos mengatakan bahwa kalau ia kalah, ia akan meminta Dewan untuk menempatkannya sebagai pemenang karena ia mempertanyakan keabsahan perhitungan suara pemilihan.

Konferensi Nasional Dewan Negara Bagian mengatakan bahwa ada 24 negara bagian yang memiliki hukum yang menyebutkan bahwa pemilu berimbang akan ditentukan dengan undian atau melempar mata uang.

Kemenangan Eaton menghalangi Partai Republik menjadi mayoritas di Dewan. Jika menjadi supermayoritas, partai tersebut akan dapat membuat keputusan terkait pajak tanpa meminta bantuan dari Partai Demokrat. (Alx/Rcy)

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya