Sukses

Tokoh Oposisi Menangi Pemilu Presiden Argentina Versi Poling TV

Sementara, seorang juru bicara untuk Mr Scioli mengatakan, mereka akan menunggu angka resmi sebelum berkomentar.

Liputan6.com, Buenos Aires - Tokoh oposisi Argentina yang juga wali kota Buenos Aires, Mauricio Macri (58) unggul atas lawannya, Daniel Scioli dalam sebuah jejak pendapat tertutup yang digelar oleh stasiun televisi setempat.

Seperti dilansir BBC, Senin 23 November, meski hanya sebuah poling, hasil ini disambut meriah tim kampanye Macri. Mereka mengklaim unggul 5 sampai 8 persen dari Scioli yang juga gubernur Buenos Aires.

Jika hasil poling ini menjadi kenyataan, akan menjadi sejarah baru bagi Argetina. Untuk pertama dalam satu dekake terakhir, tokoh oposisi kanan berhasil merebut kursi kepresidenan dari kubu kiri yang didominasi Cristina Fernandez de saat Kirchner.

Sementara, seorang juru bicara untuk Mr Scioli mengatakan, mereka akan menunggu angka resmi sebelum berkomentar.

Jalan Buntu

Kandidat tidak berhasil memenangkan putaran pertama pemungutan suara pada bulan Oktober lalu. Hal ini memaksa Pemilu harus dilakukan ulang di tahapan berikutnya.

Di putaran pertama, Scioli yang juga sekutu dekat Presiden Cristina Fernandez, sedikit unggul dengan sekitar 36,7% suara. Namun dia telah kehilangan sejumlah suara untuk saingannya di bulan lalu.

Hal ini membuat pemimpin koalisi Cambiemos, Macri nyaman mendatangi bilik suara, Minggu lalu.

Dalam kampanyenya, Macri berjanji untuk membawa investasi baru ke dalam perekonomian Argentina yang sedang sakit, mengatasi kejahatan dan memerangi korupsi.

Putra dari salah satu orang terkaya Argentina ini memiliki karir panjang dalam bisnis sebelum memasuki politik. (Ron/Dan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini