Detik-detik Radar Cuaca Tersambar Petir

Oleh Alexander Lumbantobing pada 20 Nov 2015, 07:00 WIB
Diperbarui 20 Nov 2015, 07:00 WIB
Detik-detik Radar Cuaca Tersambar Petir
Perbesar
Karena sambaran itu, radar WSR-88D mati seluruhnya di saat sedang berlangsungnya kejadian banjir bandang. (Sumber The Telegraph)

Liputan6.com, Brownsville - Seorang teknisi cuaca bernama Derek Urch yang bertugas di National Weather Services (NWS) di kota Brownsville, Texas, secara tidak sengaja merekam kejadian langka.

Dilansir TelegraphKamis (19/11/205), dalam kejadian pada 31 Oktober 2105 memperlihatkan detik-detik petir menyambar radar Doppler-- bagian dari sistem pemantauan cuaca.

Akibat dari sambaran petir, radar WSR-88D mengalami malfungsi saat sedang berlangsungnya kejadian banjir bandang. Namun, para teknisi NWS kemudian berhasil memperbaiki radar itu beberapa jam kemudian.

Sementara itu, dikutip dari Brownsville HeraldKamis (19/11/2015), NWS sebelumnya telah memberikan peringatan akan terjadi banjir bandang di sejumlah kawasan-- khususnya tenggara Hidalgo County pada akhir Oktober lalu.

Meskiupun hujan deras melanda sejumlah wilayah, cuaca ini ditanggapi secara posiitif oleh koordinator meteorologis Barry Goldsmith, “Brownsville hanya mendapatkan hujan ringan yang sebetulnya baik bagi rerumputan.” (Alx/Rcy)