Sukses

Caravana, Mesin Penjualan Otomatis Mobil Pertama di Dunia

Membeli mobil kini bisa dengan metode selayaknya membeli minuman dingin, dengan memasukkan koin di mesin penjual otomatis.

Liputan6.com, Nashville - Sekarang ini hampir semua kebutuhan manusia bisa dibeli melalui mesin-mesin penjualan-- kini mobil pun bisa dibeli dengan hanya satu tekanan tombol vending machine. Inilah yang menjadi ide dari balik situs penjualan mobilk bekas, Carvana.

Dikutip Oddity Central, Kamis (19/11/2015), mesin otomatis penjualan mobil pertama dibangun di Nashville, Tennessee. Mudah, cepat, dan -- walaupun tidak serta-merta murah, namun lebih murah dan praktis dari membeli mobil dengan cara biasa.

Perusahaan tersebut telah mengembangkan konsep ini selama dua tahun terakhir dengan mesin otomatis penjualan mobil pertama mereka yang dibangun di Atlanta pada tahun 2013 lalu.

Mobil pun bisa dibeli dengan hanya satu klik di mesin, itulah ide dari situs penjualan mobilk bekas Carvana. (foto: Amusing Planet)

Namun, kini mereka terus berusaha untuk meningkatkan desain-nya, dalam upaha membawa pengalaman pengguna ke level yang lebih tinggi.

"Mesin otomatis kami ini adalah bangunan kekinian dan bertingkat-tingkat, yang memberikan mobil kepada pelanggan dengan hanya memasukkan koin," ungkap CEO Carvana Ernie Garcia.

Mesin ini terdiri dari menara kaca tingkat lima yang bisa menampung lebih dari 20 mobil sekaligus. Di dalam menara, adalah 'pusat selamat datang', sistem pengiriman otomatis, dengan tiga jalur pengiriman.

Menara ini pada dasarnya berfungsi sebagai titik jemput untuk mobil bekas yang dibeli pelanggan melalui situs web, menawarkan harga kompetitif dan mengeliminasi biaya pengiriman.

Pelanggan bisa memilih mobil sendiri sebelum membeli. (foto: Amusing Planet)

Pembeli bisa mengakses daftar panjang spesifikasi, nilai, ulasan, dan detail lainnya mengenai mobil yang mereka ingin beli dari situs Carvana. Mereka bahkan bisa melakukan tur virtual untuk melihat apakah mobil ada goresan atau lecet pada bodi mobil. Saat mobil sudah dipilih dan dibayar, perusahaan akan mengirim mobil kepada pelanggan untuk diuji selama tujuh hari. Artinya, biaya pengiriman sudah termasuk di dalam harga kendaraan.

Dengan mesin otomatis, pembeli bisa langsung memilih mobil. Ini menjadi usaha yang tidak merugikan-- menjadi solusi untuk Carvana mengurangi staf dan pengeluaran tambahan. Pelanggan juga bisa menghemat sebanyak US$ 2000.

Menurut perusahaan itu, inovasi ini juga telah membawa pengalaman beli mobil yang menarik. Pengguna bisa memasukkan koin melalui celah yang telah disediakan dan langsung melihat mobil pilihan mereka meluncur ke bawah.

Tinggal memasukkan koin, pembeli bisa menyaksikan mobil pilihan mereka meluncur turun. (foto: Amusing Planet)

"Misi Carvana adalah menciptakan cara praktis dalam membeli mobil. Mesin penjual otomatis ini akan menjadi pengalaman unik yang memperlihatkan betapa sederhana dan mudah membeli mobil secara online." ungkap Garcia. Ia menambahkan bahwa perusahaan merencanakan pembangunan mesin penjual mobil otomatis lebih banyak di masa mendatang. (Ikr/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini