Sukses

'Istana Kristal' Ditemukan di Bawah Tanah Rumah Petani China

Petani bernama Zang menemukan sebuah gua karst indah yang tersembunyi di bawah tanah.

Liputan6.com, Henan - Seorang petani dari desa Gaozhuang, China, begitu terkejut saat menemukan sebuah gua karst tersembunyi di bawah tanah, tepat di halaman belakang rumhanya.

Dilansir dari english.jschina.com, Selasa (10/11/2015), menurut pria bermarga Zang, pada 2007 silam, ia telah mencoba menggali sumur di sana. Namun, karena tekstur tanah yang jelek, Zang berhenti menggali selama beberapa waktu. Barulah pada 1 Oktober lalu, ia kembali melakukan penggalian, dibantu beberapa orang lainnya.

Stalagmit yang menakjubkan bersinar seperti kristal di sebuah gua bawah tanah ditemukan oleh Zang

Tak butuh waktu lama hingga mereka menyadari jika tanah di bawahnya berlubang. Pada akhirnya, terlihatlah sebuah gua besar dengan berbagai formasi kristal yang tak terhitung jumlahnya, dan dalam berbagai bentuk.

Gua karst ini berada sekitar 20 meter di bawah tanah dengan luas sekitar 300 meter, di mana orang-orang masih dapat berjalan di dalamnya. Kristal-kristal di dalam gua ini muncul dalam bentuk yang beragam. Di dalamnya juga terdapat stalaktit dan stalagmit yang terus meneteskan air. Sangat indah!

berkilau seperti kristal

Berdasarkan catatan resmi, sekitar 2 kilometer dari rumah Zang, terdapat sebuah gua karst yang ditemukan tahun 1976 yang mirip dengan gua yang ditemukan di halaman rumahnya. Masih belum diketahui apakah kedua gua ini saling terhubung atau tidak. (Dsu)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini