Sukses

Wanita India Lahirkan Bayi 'Raksasa' Hanya dalam Waktu 15 Menit

Petugas medis yang membantu persalinan Khatun terkejut bukan main, karena kelahiran bayi jumbo itu terbilang lancar.

Liputan6.com, Uttar Pradesh - Seorang ibu di India melahirkan bayi terbesar di negaranya. Bobot buah hatinya itu hampir 2 kali ukuran normal yakni 14,77 pon atau sekitar 6 kg. 

Firdous Khatun, menyambut anak kesembilannya di Raja Ram Hospital Kalawati di Orai, Uttar Pradesh pada Kamis 5 November malam waktu setempat.

Petugas medis yang membantu persalinan Khatun terkejut bukan main, karena kelahiran bayi jumbo itu terbilang lancar. Dengan proses normal dan hanya memakan waktu singkat yakni sekitar 15 menit.

Para dokter di rumah sakit itu mengkonfirmasi bahwa bayi itu yang terbesar yang pernah ada.

"Dia adalah bayi ajaib. Selama 21 tahun aku bertugas, belum pernah  aku melihat bayi sebesar itu," ucap Dr Anjana Gupta yang membantu persalinan Khatun seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (7/11/2015).

"Kami tak percaya bagaimana bayi sebesar itu bisa keluar dengan lancar dari rahim sang ibu. Meski bahunya sempat terjebak selama beberapa detik, dalam waktu 3 menit ia sudah berada di tanganku. Dia begitu besar, tidak pas di tangan. Dia bayi yang cantik," imbuh Dr Anjana.

Petugas medis mengungkapkan, meskipun si jabang bayi sempat mengalami masalah pernapasan pada awal, ia dan ibunya kini baik-baik saja.

Wanita 36 tahun yang memiliki bobot 77,5 kg itu baru kali ini melahirkan di rumah sakit. Kedelapan anaknya lahir di rumah, semuanye memiliki berat normal sekitar 8 pon.

Kelahiran bayi terbesar di India ini terbilang aneh, sebab sang ibu tidak memiliki riwayat diabetes. Umumnya orok yang terlahir obesitas akibat masalah tersebut.

"Kami tidak tahu mengapa bayi yang begitu besar itu terlahir sehat, semuanya baik-baik saja," beber Dr Gupta.

Kini bayi jumbo itu telah dirujuk ke RS Vatsalya dan dirawat di Unit Perawatan Anak. Dokter di rumah sakit sedang memantau perkembangannya selama 5 hari.

Bulan lalu, bayi bernama Goga Bai dari Rajasthan dilaporkan menjadi yang terbesar di India. Ia terlahir dengan bobot 13,16 pon dengan operasi caesar.

Namun, dokter mengatakan bobot bayi jumbo Goga Bai karena riwayat diabetes sang ibu. Kini rekornya dipecahkan buah hati Khatun yang belum diberikan nama. (Tnt/Ein)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.