Sukses

Ilmuwan Sukses 'Terjemahkan' Bahasa Panda

Setelah dipelajari selama 5 tahun, sejumlah ilmuwan Tiongkok mulai mengerti bahasa yang dipergunakan panda.

Liputan6.com, Sichuan - Setelah meneliti sekitar 5 tahun, akhirnya sejumlah ilmuwan Tiongkok membongkar rahasia bahasa panda. Mereka berhasil mengungkapkan arti 13 vokalisasi berbeda oleh panda raksasa, sehingga kita sekarang bisa mengerti apa yang ‘dibicarakan’ oleh panda.

Dilaporkan Shanghaiist.com yang dikutip Sabtu (7/11/2015), ternyata panda jantan mengeluarkan suara rayuan mirip suara kambing mengembik ketika sang jantan sedang mengawini panda betina. Sang panda betina menanggapi dengan kicauan yang menggoda.

Panda dewasa mirip gonggongan untuk menyatakan kemarahan atau menakuti pengganggu, sedangkan induk panda akan menciap seperti seekor burung ketika ia sedang cemas mencari-cari bayinya. Tapi hal ini bisa membingungkan.

Setelah dipelajari selama 5 tahun, sejumlah ilmuwan Tiongkok mulai mengerti bahasa yang dipergunakan panda. (Sumber Shanghaiist.com)

“Percayalah, para peneliti kami pada awalnya terkejut di awal proyek, apakah kami ini sedang meneliti panda, burung, anjing, atau domba?” kata Zheng Hemin selaku kepala Pusat Pelestarian dan Penelitian Tiongkok untuk Panda Raksasa, kepada Xinhua.

Sementara itu, bayi panda mengeluarkan suara seperti lolongan “wow-wow” ketika sedang tidak senang , suara “coo-coo” ketika sedang senang, dan suara “gee-gee” ketika sedang lapar.

Berdasarkan hasil penelitian tahunan ini, pusat penelitian itu berharap untuk mengembangkan “penerjemah panda” menggunakan teknologi pengenalan suara (voice recognition) yang dapat membantu membedakan ketika seekor panda sedang lapar atau sedang dalam masa kawin.

Setelah dipelajari selama 5 tahun, sejumlah ilmuwan Tiongkok mulai mengerti bahasa yang dipergunakan panda.

Belum jelas apakah temuan ini merupakan terobosan luar biasa melebihi temuan lain pada tahun lalu. Waktu itu, setelah penantian yang sabar selama bertahun-tahun, para peneliti akhirnya mengetahui tampilan panda raksasa ketika sedang masturbasi.

(Alx/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini