Sukses

Baru Dibuka 2 Hari, KFC Halal di Teheran Ditutup

Menyandang nama KFC Halal, restoran waralaba tersebut dianggap 'cabang pengaruh Amerika Serikat pertama di Iran.

Liputan6.com, Teheran - Restoran siap saji KFC dibuka pertama kalinya di ibukota Iran, Teheran Minggu malam 1 November 2015. Namun, baru 2 beroperasi, petugas sudah menutupnya. Mengapa?

Menyandang nama KFC Halal, restoran waralaba tersebut dianggap 'cabang pengaruh Amerika Serikat pertama di Iran. Padahal, menurut media Tasnim, keberadaannya telah mengantongi izin dari Kementrian Industri, Perdagangan dan Tambang.

Kemunculannya juga mengundang antrean pengunjung, yang mengular, demi mencicipi resep ayam gorang ala Kolonel Sanders.

 

Antrean KFC saat buka Minggu malam di Tehran, Iran. (Mashable)

 

Selasa lalu, setelah menghentikan operasional restoran tersebut, petugas menempelkan kertas bertuliskan, "Tutup hingga waktu yang tidak ditentukan."

Alasannya, dekorasinya terlalu mirip dengan bendera Amerika, dan keberadaannya dianggap sebagai pengaruh Amerika -- yang dianggap musuh -- dalam budaya Iran.

Namun menurut manajer restoran, Abbas Pazuki, penutupan tersebut dipicu kesalahpahaman. "Merek kami dikenal sebagai KPF Halal dari Turki. Pemiliknya adalah seorang muslim, dan target pemasaran mereka adalah negara-negara muslim," jelasnya.

KFC Halal bahkan dikatakan sebagai 'pesaing dari KFC Amerika.'

Ilustrasi dari situs KFC Iran menggambarkan rekanan dengan KFC Turki dengan yang dibuka di Tehran. (Mashable)

 

Pihak KFC yang orisinal pun buka suara. "Kami terkejut ketika berita cabang KFC secara tidak sah buka di Teheran, Iran," ungkap juru bicara KFC, Laurie Schalow kepada Mashable.

"Tidak ada hak waralaba yang telah diberikan kepada pihak manapun di Iran. Sekarang ini kami sedang berhubungan dengan petugas setempat serta penasihat luar yang akan melakukan tindakan hukum terhadap perusahaan atau individual yang mengklaim memiliki hak membuka cabang KFC."

 

 

Tulisan dari dalam KFC Halal di Tehran melalui situs Tasnim News Agency. (Mashable)

Ali Fazli, Kepala Dewan Perdagangan Iran kepada Iranian News Labor Agency mengatakan, restoran KFC mereka tidak ada hubungannya dengan KFC
Amerika. "Tidak ada cabang restoran siap saji Barat di Iran," ungkapnya. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini