Sukses

Rekaman Menegangkan Mobil Terseret Banjir Bandang Pakistan

Keganasan banjir bandang Pakistan terekam sedang menghanyutkan sebuah minibus di kawasan Lowari Pass. Inikah dampak perubahan iklim?

Liputan6.com, Islamabad - Sebuah video menayangkan kejadian mendebarkan ketika sebuah minibus menyeberang sungai di Pakistan terhanyut banjir bandang beredar di dunia maya.

Mengutip UPI yang dilansir Jumat (23/10/2015), minibus itu disebutkan tengah menyeberangi sungai di Lowari Top Dir Upper pada Senin lalu, 19 Oktober 2015.

Dalam tayangan itu terlihat bagaimana sekitar 10 orang menyelamatkan diri dari dalam kendaraan yang terlihat bergeser secara perlahan karena diterpa arus yang menerjang deras.

Berikut detik-detik menegangkan tersebut:

Sementara itu, seperti dilaporkan dalam Tribune pada 21 Oktober 2015, peristiwa banjir bandang di sejumlah tempat di Pakistan menjadi sumber ilham bagi pertunjukkan lakon di distrik Badin di Sindh.

Dalam pergelaran lakon tersebut, 'keluarga' Mir Muhammad sedang bersukacita menanti panen padi dan bersiap menggelar perhelatan pernikahan seorang kerabat. Mendadak datanglah banjir bandang yang merusak panen sehingga membuyarkan rencana dan harapan kelaurga.

Pertunjukkan ini merupakan karya cipta suatu lembaga swadaya masyarakat Pakistan Fisherfolk Forum (PFF) yang mengupayakan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat rentan.

Lembaga yang berpusat di Karachi ini berusaha mengajak masyarakat agar waspada dan menyesuaikan diri dengan dampak cuaca ekstrem dan banjir. Mereka kemudian menggelar lakon ini sebagai bagian dari cara pemberdayaan.

"Kami menggunakan teater sebagai alat pendampingan untuk mendidik warga tentang dampak buruk perubahan iklim terhadap hidup keseharian mereka," kata manajer proyek PFF, Maria Soomro.

(Alx/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.