Dubes Jepang: Negara ASEAN Harus Unjuk Solidaritas Tangkal Asap

Oleh Andreas Gerry Tuwo pada 16 Okt 2015, 17:26 WIB
Diperbarui 16 Okt 2015, 17:26 WIB
20150905-Dubes-Jepang-Yasuaki-Tanizaki
Perbesar
Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia, Yasuaki Tanizaki mengungkapkan kekecewaannya kepada pemerintah Indonesia. (Liputan6.com/Andrian M Tunay)

Liputan6.com, Jakarta - Masalah kebakaran hutan yang menimbulkan asap pekat masih melanda Indonesia. Kabut asap tersebut sudah sampai ke beberapa negara tetangga.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki menyatakan, masalah asap bukan cuma persoalan Indonesia. Namun sudah menjadi persoalan kawasan Asia Tenggara.

Itu sebabnya, dia mengharapkan agar negara-negara ASEAN bergandengan tangan menangani asap. Hal itu sangat penting demi menunjukkan kepada dunia solidnya persahabatan negara-negara di Asia Tenggara.

"Ya itu yang saya pikir (negara-negara ASEAN untuk saling membantu)," ucap Tanizaki di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (16/10/2015).

"Ini adalah kesempatan negara ASEAN menunjukkan solidaritasnya untuk menangkal bencana ini. Kami mengharapkan itu," sambung dia.

Pemerintah Jepang memberikan bantuan 100 botol cairan ajaib untuk memadamkan kabut asap di Sumatera Selatan. Cairan pemadam api itu bernama miracle foam a+.

Cairan tersebut diberikan secara simbolis Yasuaki Tanazaki kepada Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir.

Tanazaki mengatakan, Jepang sangat senang bisa membantu Indonesia dalam menangani masalah kabut asap. Indonesia-Jepang merupakan 2 negara sahabat yang sangat dekat dan pemberian bantuan tersebut diharapkan memperat hubungan bilateral kedua negara. (Ron/Sss)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya