Sukses

Hujan Es 'Kelereng' Guyur Australia Selatan

Cuaca dramatis itu kemudian dialami daerah dekat Hurstville dan Botany Bay, membuat orang-orang mengatupkan jaket dan cardigannya.

Liputan6.com, Sydney - Hujan es sebesar kelereng dan angin kencang melanda Australia Selatan. Menciptakan kondisi mencengangkan bagi warga Sydney selatan, akibat badai besar yang bergerak cepat menyapu daerah Campbelltown dan Sutherland.

Terjangan badai di Australia Selatan itu membuat suhu berubah drastis dalam hitungan menit, membuat warga dan pengendara yang lengah terjebak.

Suhu Campbelltown dilaporkan memuncak pada 29,3 drerajat Celcius pukul 13.40, sebelum merosot tiba-tiba 50 persen dari hasil ukur termometer. Badai tersebut menciptakan panas yang nyaris menyentuh angka 30 derajat menjadi 14,4 derajat Celcius dalam hitungan menit setelah pukul 14.00.

Kondisi perubahan cuaca drastis itu juga disertai hujan es sebesar 1,8 cm atau seukuran kelereng di Campbelltown dalam waktu setengah jam atau 30 menit. Seperti diberitakan News.com.au, Senin (12/10/2015).

Setelah itu, cuaca kembali meningkat hingga 20 derajat Celcius pukul 15.00.

Perubahan cuaca nan dramatis itu -- dari panas ke dingin -- kemudian dialami daerah dekat Hurstville dan Botany Bay, membuat orang-orang mengatupkan jaket dan cardigan saat penjemputan pulang sekolah.

Ketika badai utama bergerak ke lepas pantai sekitar pukul 15.30, badai berkekuatan lebih kecil menyapu distrik ke selatan Oatley hingga Stanwell Park.

 

 (Tnt/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.