Sukses

Menlu Retno Minta Meksiko Bebaskan Visa WNI

Pertemuan yang dilakukan di sela-sela Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu membicarakan sejumlah isu penting.

Liputan6.com, New York - Dalam kunjungan ke New York, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melakukan beberapa pertemuan bilateral. Salah satunya dengan Menlu Meksiko Claudia Ruiz Massieu.

Pertemuan yang dilakukan di sela-sela Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu membicarakan sejumlah isu penting. Termasuk di antaranya, permintaan Indonesia agar Meksiko membebaskan visa kunjungan bagi seluruh WNI.

Permintaan Menlu Retno Marsudi, disambut positif Massieu. Menurut mantan Dubes RI untuk Belanda ini, sudah sepantasnya diberikan karena Indonesia juga telah berencana memberikan pembebasan visa bagi warga Meksiko.

"Hal ini sebagai asas timbal balik dengan rencana Pemerintah RI yang akan segera membebaskan visa bagi sejumlah WN asing, termasuk Meksiko untuk berkunjung ke Indonesia," sebut pernyataan pers Kementerian Luar Negeri (Kemlu) kepada Liputan6.com, Kamis (1/10/2015).

Tak cuma pembebasan visa dalam pertemuan bilateral ini, juga dibahas beberapa hal seperti resiprositas atas dukungan terhadap Trans Pacific Partnership (TPP), tindak lanjut MoU kerja sama perikanan, kerja sama olah raga dan kerja sama penelitian pertanian.

Meksiko adalah salah satu mitra utama Indonesia di bidangn politik dan ekonomi. Pada 2014 nilai perdagangan Indonesia – Meksiko mencapai angka US$ 123,5 juta. Indonesia dan Meksiko tergabung di dalam MIKTA beserta Korea, Turki, dan Australia. (Tnt/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini