Sukses

Hotel Jemaah Haji Indonesia Terbakar Lagi, Tak Ada Korban Jiwa

Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Indonesia, Lalu Muhamad Iqbal membenarkan ada kebakaran di hotel Mekah.

Liputan6.com, Mekah - Kebakaran hotel dilaporkan terjadi di Mekah. Insiden tersebut diketahui menimpa penginapan yang ditempati jemaah haji asal Indonesia.

Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Indonesia (BHI), Lalu Muhamad Iqbal, membenarkan peristiwa tersebut terjadi pada Minggu, 27 September 2015.

"Minggu, 27 September pukul 13.15 waktu Arab Saudi telah terjadi kepulan asap dari Hotel Gawhara Taljawar, Rawdah, Mekah," ujar Iqbal kepada Liputan6.com, Senin (28/9/2015).

"Penyebab api/asap masih diselidiki pihak kepolisian Mekah," sambung dia.

Meski demikian, Iqbal memastikan tak ada WNI yang jadi korban, baik luka maupun jiwa. Para jemaah haji asal Indonesia sudah dievakuasi dan ditempatkan ke tempat baru yang lebih aman.

"Tidak ada korban jiwa, ambulans dan pemadam sudah berada di lokasi. Ambulans membawa empat jemaah yang memang menderita sakit sebelumnya," tutur dia.

Iqbal menambahkan, jemaah haji Indonesia yang menghuni hotel tersebut berasal dari tiga kloter, yaitu JKS 34, JKS 39 dan JKS 49. Mereka untuk sementara diungsikan oleh PPIH ke penginapan di sekitar TKP.

Kebakaran yang melanda pemondokan jemaah haji Indonesia bukan kali ini terjadi. Sebelumnya, pada Kamis, 17 September 2015 dini hari waktu Mekah, sebuah kamar di Hotel Sakkab Al Barakah, Aziziah, Mekah, terbakar.

Hotel tersebut menjadi tempat pemondokan ‎jemaah haji asal Indonesia. Diduga, penghuni kamar lupa mematikan penanak nasi ketika berangkat umrah sehingga api menghanguskan seluruh isi kamar 801 Lantai 8 Pemondokan 403 itu. (Tnt/Sun/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.