Sukses

2 Video Kontroversial Balita Mengemudi Mobil di Jalanan Ramai

Rekaman itu telah mendapat respons di media China sejak muncul online minggu ini.

Liputan6.com, Beijing - Mengemudi bukanlah perihal mudah, dibutuhkan usia yang cukup. Tapi tak demikian dengan yang kasus berikut ini.

Bocah-bocah di China berikut ini justru diajari mengemudi, pada usia yang masih terlalu dini. Sekitar 4 dan 5 tahun.

"Bocah laki-laki yang tengah diajari mengemudi oleh sang ayah di sepanjang jalan sibuk itu teridentifikasi dari Hunan, China tengah," demikian dilaporkan People's Daily Online yang dikutip dari Daily Mail, Jumat (25/9/2015).

Dalam rekaman yang beredar di dunia maya, bocah yang diperkirakan berusia 4 atau 5 tahun itu terlihat dalam kendali penuh kemudi saat mobil melaju di jalanan.

Rekaman itu telah mendapat respons di media China sejak muncul online minggu ini.

Dia tampak duduk di pangkuan ayahnya, yang bertanggung jawab atas akselerasi, rem dan kopling.

Ayahnya terdengar menginstruksikan kepadanya untuk berbalik dan hati-hati saat mereka berkendara di sepanjang jalan. Si bocah terlihat beberapa kali membunyikan klakson dalam rekaman sekitar 2 menit.

Pasangan ini berbicara dalam dialek Hunan dalam video, yang direkam oleh orang tak dikenal di kursi penumpang. Tidak jelas kapan atau di mana rekaman itu diambil, tapi banyak dilaporkan di media China sejak tampil di website China pada 23 September.

Postingan tersebut mendapati reaksi positif dan negatif dari para netizen di China.

Sejumlah kecil pengguna bangga atas keterampilan anak itu, namun sebagian besar mempertanyakan bagaimana keamanan memungkinkan seorang anak untuk mengemudi.

Sejauh ini sopir yang merupakan sang ayahnya belum teridentifikasi. Namun, di bawah undang-undang keselamatan jalan China, ayah anak itu bisa dikenakan 15 hari penahanan jika tertangkap.

Saat ini, itu tidak diketahui apakah polisi sedang menyelidiki insiden itu. Berikut ini video selengkapnya:

Sebelumnya pada Agustus tahun ini, seorang bocah perempuan juga difilmkan mengemudi di sepanjang jalan yang sibuk di suatu tempat di China.

Dia terlihat mengemudi, menyalip dan akhirnya parkir dalam instruksi dari ayahnya di kursi penumpang di belakang. Berikut ini rekamannnya:

(Tnt/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.