Sukses

Penampakan Awan Unik di Costa Rica

Sejumlah saksi mata menanggap fenomena alam ini sebagai awan tanda kiamat.

Liputan6.com, Escazu - Awan berwarna-warni tampak di langit Costa Rica dan menjadi pemandangan mencengangkan bagi warga. Pemandangan unik itu terlihat pada Selasa 15 September lalu  di kota-kota San Jose, Parrita, Pavas, Escazu, dan Hatillo. Kebetulan penampakan itu bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Costa Rica.

Dikutip dari ABC News, para saksi mata mengambil foto dan video dan berbagi di media sosial, bahkan dengan komentar yang membicarakan hari kiamat.

Seorang warga, Joey Petit, mengatakan kepada ABC News pada Kamis 17 September bahwa ia dan keluarganya sedang berada di suatu taman bermain di Escazu untuk merayakan Hari Kemerdekaan ketika anaknya yang berusia 11 tahun, Ariel Joseph Petit, melihat adanya awan berbentuk aneh tersebut.

Gambar dari akun Instagram milik kevinotway

"Ia segera mengambil kamera dan merekam video dan foto. Kami sangat terkesima. Tidak terbayangkan benda apakah itu dan kami belum pernah melihatnya sebelum ini," kata sang ayah.

Warga Escazu lainnya, Jessie Montealegre, mengatkan bahwa ia juga terpesona dengan fenomena angkasa itu, katanya, "Sungguh luar biasa. Seperti pertanda dari Tuhan."

Para pengguna media sosial pun ramai menyodorkan teori tentang pembentukan awan itu, bahkan menyebutkan mahluk luar angkasa dan UFO. Tapi para pakar menyebutkan bahwa pemandangan menakjubkan itu disebakan fenomena cuaca yang langka yang dikenal dengan “warna warni awan”.

Dikutip ABC News dari Teletica, pendar warna warni itu disebabkan oleh sinar matahari yang membias oleh tetes-tetes air dan kristal-kristal es di dalam awan itu, demikian dijelaskan Eladio Solano, seorang ahli meteorologi di Lembaga Cuaca Nasional Costa Rica. (Alx/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini